Bitcoin Melonjak, Short Position Terpangkas Hingga $29 Juta!

Bitcoin Melonjak, Short Position Terpangkas Hingga $29 Juta!

Dalam gejolak pasar crypto yang penuh ketidakpastian, Bitcoin baru-baru ini menunjukkan taringnya dengan melonjak tajam, menyebabkan kerugian besar bagi para trader yang bertaruh pada penurunan harga.

Dalam 24 jam terakhir, hampir $30 juta short position Bitcoin terpaksa dilikuidasi. Lonjakan harga ini mengejutkan banyak pelaku pasar dan memicu perbincangan hangat di kalangan investor crypto.

Lonjakan Harga Bitcoin

Bitcoin, mata uang digital terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, telah mengalami kenaikan harga yang signifikan dalam 24 jam terakhir. Menurut data dari Coinglass, kenaikan ini telah menyebabkan likuidasi short position Bitcoin senilai lebih dari $29 juta.

Kenaikan harga Bitcoin ini terjadi setelah mata uang digital tersebut berhasil menembus angka $38.000 sebelum akhirnya kembali sedikit mereda. Dalam periode yang sama, pasar crypto secara keseluruhan mengalami likuidasi senilai lebih dari $119 juta.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah short position yang mencapai $73 juta. Bitcoin menjadi sorotan utama dengan mencatatkan rekor tertinggi di $38.246 sebelum stabil di harga $37.690 pada pukul 11:50 malam ET, berdasarkan laporan harga dari The Block.

Analisis Dibalik Kenaikan Bitcoin

Analisis Dibalik Kenaikan Bitcoin
The Block

Para analis dari Bitfinex mengungkapkan bahwa salah satu faktor fundamental di balik apresiasi harga Bitcoin terkini adalah antisipasi pasar terhadap jeda kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve (Fed). Jeda ini diharapkan dapat mempertahankan atau menurunkan suku bunga acuan overnight, yang saat ini merupakan salah satu yang tertinggi dalam sejarah AS.

Keadaan ini dapat membuat aset berisiko seperti Bitcoin menjadi lebih menarik bagi investor yang mencari imbal hasil lebih tinggi dalam lingkungan suku bunga yang lebih rendah. Selain itu, analis menambahkan bahwa ada narasi lain yang berperan.

Pasokan Bitcoin jangka panjang terus tidak bergerak, sementara pada kerangka waktu yang lebih pendek, partisipan pasar yang agresif terlihat mengejar harga dengan pembelian pasar di atas level krusial $37.500. Ketahanan ini juga tampaknya tercermin dalam kinerja ether, bersamaan dengan Bitcoin yang terus diperdagangkan di atas $37.500.

Paragraf Penutup

Kenaikan harga Bitcoin yang tiba-tiba ini menjadi peringatan bagi para trader yang memegang short position . Pasar crypto yang dinamis ini terus memberikan pelajaran bahwa volatilitas bisa berpihak pada siapa saja, dan kali ini, para ‘bull‘ tampaknya sedang berpesta.

Bagi kamu yang tertarik dengan pasar crypto, peristiwa ini menegaskan pentingnya selalu waspada dan siap dengan segala kemungkinan.

Referensi