Bitcoin Melonjak Tinggi, Apakah $125K Menjadi Kenyataan?

Bitcoin Melonjak Tinggi, Apakah $125K Menjadi Kenyataan?

Bitcoin kembali mencuri perhatian dengan kenaikan harga yang spektakuler, menembus angka $40.000 untuk pertama kalinya dalam 19 bulan terakhir. Prediksi dari Matrixport bahkan lebih berani, menjanjikan angka fantastis $125.000 pada tahun 2024. Apakah ini saatnya kamu mulai melirik investasi di crypto?

Lonjakan Harga Bitcoin

Bitcoin baru-baru ini mencapai puncak yang belum terlihat sejak akhir April 2022, dengan kenaikan sekitar 2% dalam 24 jam. Dari harga di bawah $39.500, Bitcoin melonjak melewati $40.000 pada 3 Desember, mencatatkan rekor tertinggi dalam 19 bulan terakhir berdasarkan data CoinGecko.

Baca Juga: Potensi Lonjakan Harga Bitcoin: ETF Terbaru Bisa Jadi Pemicu? Ini Kata CEO Swan Bitcoin!

Kenaikan ini juga menandai titik tertinggi baru untuk Bitcoin dalam tahun ini, dengan peningkatan lebih dari 140% sejak 1 Januari. Namun, nilai Bitcoin masih turun sekitar 42% dari puncak tertinggi sepanjang masa pada 10 November 2021, yang lebih dari $69.000.

Prediksi Masa Depan Bitcoin

Prediksi Masa Depan Bitcoin
Coingecko

Markus Thielen, kepala riset Matrixport, memprediksi bahwa Bitcoin akan mencapai lebih dari $60.000 pada April tahun depan dan $125.000 pada akhir tahun 2024. Thielen menyatakan bahwa 3 pasar bear crypto sebelumnya diikuti oleh siklus bull selama 3 tahun, dan analisis menunjukkan “3 tahun lagi pasar bull ini, dengan 2023 sebagai tahun pertama.”

Bitcoin diharapkan akan mengalami pemotongan hadiah penambangan—halving—di mana hadiah penambangan dipotong sebesar 50% pada pertengahan April 2024. “Penambang cenderung menimbun Bitcoin sebelum setiap Bitcoin halving, harga meningkat sekitar +200%, yang akan memproyeksikan Bitcoin mencapai $125.000,” jelas Thielen.

ETF Bitcoin dan Optimisme Pasar

Milestone harga Bitcoin ini muncul di tengah spekulasi bahwa dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot akan segera mendapatkan persetujuan di Amerika Serikat. Pada 28 November, Standard Chartered memprediksi Bitcoin bisa mencapai angka 6 digit sebelum akhir tahun depan karena “pengenalan ETF spot lebih awal dari yang diharapkan” di AS.

Ada 13 penawar untuk ETF Bitcoin spot di AS, termasuk yang terbaru dari manajer aset Swiss Pando Asset, yang mengajukan pada 29 November. Semua penawaran tersebut masih menunggu persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS atau SEC, termasuk BlackRock dan Grayscale, yang telah bertemu dengan agensi untuk membahas detail ETF mereka.

Analis ETF Bloomberg memberikan peluang 90% bahwa semua penawaran ETF yang tertunda akan disetujui secara bersamaan pada 10 Januari.

Paragraf Penutup

Dengan berbagai prediksi yang menggembirakan dan langkah-langkah regulasi crypto yang semakin matang, industri crypto tampaknya sedang bersiap untuk adopsi crypto yang lebih luas. Apakah ini pertanda bahwa Bitcoin akan terus melaju ke angka yang lebih tinggi?

Hanya waktu yang akan menjawab, namun bagi para optimis, masa depan cerah tampaknya sudah di depan mata.

Baca Juga: Terobosan Baru di Dunia Crypto: ETF Bitcoin Grayscale Segera Hadir?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi