Bitcoin Melonjak ke $41K, Akankah Bull Run Crypto Segera Terjadi?

author:

Array

Bitcoin Melonjak ke $41K, Akankah Bull Run Crypto Segera Terjadi?

Dalam sebuah pergerakan yang mengejutkan, Bitcoin berhasil membalikkan keadaan dari minggu yang bearish dengan merebut kembali level $41.000, menandakan kemungkinan kembalinya momentum yang telah hilang.

Kenaikan tajam ini menimbulkan spekulasi di kalangan investor dan analis tentang potensi bull run yang mungkin terjadi di bulan Februari, mengingat sejarah bullish Bitcoin di bulan tersebut.

Dengan sentimen pasar yang kembali positif dan harapan bullish yang meningkat, banyak yang bertanya-tanya seberapa tinggi Bitcoin bisa naik di tahun 2024.

Kebangkitan Bitcoin

harga bitcoin
Sumber: Trading View

Baca juga: Whale Bitcoin Meningkatkan Kepemilikan BTC Mereka Sebesar $3 Miliar pada Tahun 2024!

Dilansir dari CoinPedia, memulai minggu ini dengan catatan bearish sebesar 4,89%, Bitcoin kehilangan level $40 ribu pada hari Senin, menghasilkan candle bearish yang sangat besar. Namun, aksi jual yang tajam gagal memicu kenaikan besar, yang menyebabkan likuidasi panjang pada hari Senin.

Sebagai perbandingan, tiga hari setelah penurunan pada hari Senin berlangsung tenang dan menghasilkan beberapa candle Doji. Penolakan harga yang lebih rendah menetapkan tahap bullish untuk Bitcoin dengan mengembalikan basis support di level Fibonacci $38,20% dan angka $38K.

Dengan lompatan 5% pada hari Jumat ini, harga BTC menguji ulang garis tren support yang telah ditembus dengan lonjakan volume perdagangan intraday. Selanjutnya, para pembeli sedang menguji air di dekat EMA 50 hari dan level Fibonacci 23,60% yang mendekati angka $42K.

Altcoin Alami Pasang Surut

Sementara itu, altcoin mengalami minggu yang sulit, dengan penurunan 1,18% dalam kapitalisasi pasar mata uang crypto, tidak termasuk Bitcoin. Turun di $744 Miliar, altcoin membalikkan keadaan, dengan Bitcoin merebut kembali angka $41K dan menantang EMA 50 hari.

Meskipun terjadi penurunan tajam minggu ini, beberapa altcoin tertentu mengungguli pasar dengan kenaikan dua digit. Manta Network, Sui, dan Chiliz menjadi yang berkinerja terbaik minggu ini, altcoin tersebut memberikan keuntungan masing-masing sebesar 49%, 25%, dan 17%,

Di sisi negatifnya, ORDI, WOO, dan Chainlink (LINK), masing-masing mencatat penurunan sebesar 16%, 14,83%, dan 14,55%.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Altseason Index: Kapan Waktunya Beli Altcoin?

Pasar DeFi dan NFT

Lebih lanjut, kapitalisasi pasar DeFi total kembali di atas tanda $70 miliar dengan pemulihan tajam pada hari Jumat. Selain itu, nilai total yang terkunci di sektor DeFi menunjukkan penurunan kecil menjadi $56,47 miliar dari nilai minggu lalu sebesar $57,483 miliar.

Di sisi lain, pasar NFT menghadapi tantangan untuk mendapatkan kembali momentum dan menciptakan hype. Dengan peningkatan volatilitas minggu lalu dan pemulihan pada hari Jumat, NFT bersiap untuk comeback.

Minggu ini menandai titik balik potensial untuk Bitcoin dan crypto secara keseluruhan, dengan pemulihan yang menjanjikan dan harapan bullish yang meningkat. Apakah ini awal dari bull run yang telah lama ditunggu-tunggu atau hanya pemulihan sementara?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array