Bitcoin Melonjak, Apakah Ini Waktunya Kamu Ikut Meraih Keuntungan?

Bitcoin Melonjak, Apakah Ini Waktunya Kamu Ikut Meraih Keuntungan?

Kabar terbaru dari dunia mata uang digital menunjukkan tren menarik yang mungkin ingin kamu perhatikan. Bitcoin, sang raja crypto, kembali menunjukkan taringnya dengan kenaikan harga yang signifikan.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi di balik layar dan bagaimana posisi para trader profesional? Artikel ini akan mengungkap dinamika pasar yang terjadi dan mungkin akan memberikan kamu wawasan untuk langkah selanjutnya.

Antisipasi ETF Memicu Lonjakan Harga

Antisipasi ETF Memicu Lonjakan Harga
Coinglass

Pada awal Desember, harga Bitcoin mengalami lonjakan hingga 15,7% yang dipicu oleh harapan akan persetujuan ETF spot di Amerika Serikat. Analis senior Bloomberg ETF memberikan probabilitas sebesar 90% untuk persetujuan oleh U.S. Securities and Exchange Commission sebelum tanggal 10 Januari.

Baca Juga: Heboh! Bitcoin Ordinals dan BRC-20 Terancam Punah di Jaringan Bitcoin?

Namun, para trader profesional tampaknya masih ragu dengan kekuatan pasar ini, terutama setelah beberapa kali penolakan di level harga $37.500 dan $38.500. Trader profesional menunjukkan kehati-hatian karena volatilitas Bitcoin yang tinggi.

Kenaikan harga Bitcoin sebesar 7,6% pada 15 November tidak bertahan lama dan harga kembali turun pada hari berikutnya. Hal ini menunjukkan mengapa para whale dan pembuat pasar menghindari posisi long yang berleverage dalam kondisi pasar yang tidak stabil.

Posisi Trader Pro dan Sentimen Pasar

Data dari berbagai bursa menunjukkan bahwa para trader top telah mengurangi rasio long-to-short mereka ke level terendah dalam 30 hari terakhir. Ini menandakan adanya pengambilan keuntungan dan permintaan yang berkurang untuk taruhan bullish di atas $40.000.

Di sisi lain, Binance menunjukkan pergerakan yang berlawanan dengan para trader top yang meningkatkan posisi long mereka. Sementara itu, data opsi Bitcoin menunjukkan peningkatan permintaan untuk opsi put dibandingkan call.

Ini mengindikasikan bahwa beberapa whale dan pembuat pasar mungkin tidak mengantisipasi rally harga ini. Namun, mereka tidak sepenuhnya bertaruh pada penurunan harga karena indikator masih menunjukkan kecenderungan pada opsi call.

Prospek Bitcoin Menjelang Persetujuan ETF

Dengan harga Bitcoin yang bertahan di atas $42.000, banyak yang menantikan persetujuan ETF spot yang berpotensi pada awal Januari. Ini memberikan insentif bagi para bull untuk menekan para whale yang memilih untuk tidak berpartisipasi dalam rally terkini.

Apakah ini akan menjadi momentum bagi Bitcoin untuk terus melaju, ataukah ini hanyalah puncak sementara sebelum terjadi koreksi?

Paragraf Penutup

Dinamika pasar crypto selalu penuh dengan kejutan dan peluang. Dengan informasi yang tepat dan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana para trader profesional berposisi, kamu bisa membuat keputusan yang lebih tepat. Apakah kamu akan menjadi bagian dari mereka yang meraih keuntungan dari lonjakan harga Bitcoin ini?

Baca Juga: Bitcoin Berpotensi ke $50.000 dalam Waktu Dekat? Ini Analisa dari Para Ahli!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi