Bitcoin Melambung Tinggi di Turki dan Nigeria, Apa yang Terjadi?

Bitcoin Melambung Tinggi di Turki dan Nigeria, Apa yang Terjadi?

Dalam beberapa hari terakhir, Bitcoin (BTC) menunjukkan performa yang mengesankan. Meski sempat turun dari titik harga $35.000, Bitcoin masih menunjukkan sentimen pasar yang bullish dengan lonjakan 15 persen dalam 7 hari terakhir.

Namun, yang menarik adalah bagaimana Bitcoin mencetak sejarah di Nigeria dan Turki, dengan nilai tukar yang melampaui puncaknya terhadap lira Turki dan naira Nigeria.

Bitcoin Melonjak di Tengah Krisis Ekonomi

Bitcoin saat ini diperdagangkan di $34.120,40, masih turun 50 persen dari harga tertinggi sepanjang masa sebesar $69.000. Namun, di Nigeria dan Turki, Bitcoin diperdagangkan di atas puncaknya terhadap lira Turki dan naira Nigeria.

Baca Juga: Harga Bitcoin Bisa Dipengerahui Pasar Saham? Ini Penjelasannya!

Data menunjukkan bahwa Bitcoin diperdagangkan sebesar 960.000 lira ($34.115,99) dan 27,4 juta naira ($34.465,41). Menurut CoinGecko, dalam 24 jam terakhir, telah terjadi perdagangan Bitcoin senilai $40 juta di bursa lokal.

Adopsi Bitcoin di Nigeria dan Turki

Lonjakan Adopsi Kripto di Turki
Unsplash

Meski pemerintah Nigeria melarang perdagangan crypto pada 2021, transaksi crypto meningkat 9 persen year-on-year menjadi 56,7 miliar pada Juni 2023.

Chainalysis baru-baru ini mengungkapkan bahwa India dan Nigeria adalah dua negara dengan partisipan pengguna paling aktif dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan aktivitas perdagangan crypto. Di sisi lain, Turki berada di peringkat dua belas dalam daftar 20 negara dengan adopsi crypto terbesar.

Bitcoin dan Inflasi

Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), inflasi di Nigeria melonjak menjadi 25 persen tahun lalu, sementara di Turki melonjak menjadi 51 persen.

Hal ini berkontribusi pada peningkatan permintaan signifikan untuk Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Dengan kondisi ekonomi yang tidak stabil dan nilai mata uang fiat nasional yang menurun, Bitcoin menjadi alternatif yang menarik bagi banyak orang.

Paragraf Penutup

Meski adopsi crypto secara global menurun, pasar crypto masih memiliki potensi besar untuk melakukan beberapa bull run. Dengan kondisi ekonomi yang tidak stabil di beberapa negara dan potensi penyetujuan Bitcoin ETF spot di AS, Bitcoin mungkin akan terus melihat lonjakan harga di masa mendatang.

Baca Juga: Whitepaper Bitcoin Berusia 15 Tahun, Bagaimana Sejarah, Dampak, dan Masa Depan Bitcoin?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi