Bitcoin Melonjak di Atas $47.000: Apakah Ini Awal dari Kebangkitan Baru?

Bitcoin Melonjak di Atas $47.000: Apakah Ini Awal dari Kebangkitan Baru?

Dalam dunia crypto, Bitcoin kembali menjadi sorotan dengan kenaikan harganya yang menembus angka $47.000. Kenaikan ini terjadi menjelang tenggat waktu persetujuan ETF Bitcoin spot oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC).

Fenomena ini menarik perhatian investor dan analis di seluruh dunia, menimbulkan spekulasi tentang masa depan Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan.

Kenaikan Harga Bitcoin: Analisis dan Prediksi

Kenaikan Harga Bitcoin: Analisis dan Prediksi
TradingView

Bitcoin mencapai harga tertinggi baru di atas $47.000, sebuah pencapaian yang belum terlihat sejak April 2022. Kenaikan ini terjadi dalam konteks yang sangat dinamis, di mana investor institusional semakin terlibat dalam pasar Bitcoin. Dalam 24 jam terakhir, Bitcoin melonjak lebih dari 6,5%, dan dalam 12 bulan terakhir, kenaikannya mencapai 177%, menurut data dari CoinMarketCap.

Baca Juga: BlackRock dan VanEck Memperbarui Pengajuan ETF Bitcoin Setelah Mendapat Respon SEC!

Peningkatan harga ini terjadi menjelang keputusan SEC tentang persetujuan salah satu atau beberapa dari 14 aplikasi yang tertunda untuk produk ETF Bitcoin spot. Analis Bloomberg memprediksi keputusan bisa jatuh pada tanggal 10 Januari. Kenaikan ini juga didorong oleh likuidasi posisi short Bitcoin yang mencapai lebih dari $76 juta dalam sehari, menunjukkan adanya perubahan sentimen pasar.

Dampak ETF Bitcoin Spot dan Peringatan SEC

Persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC diharapkan akan membawa dampak signifikan bagi pasar crypto. Produk ini diharapkan dapat menarik triliunan dolar aliran masuk dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini menunjukkan potensi pertumbuhan yang besar bagi Bitcoin dan pasar crypto secara umum.

Namun, SEC juga mengeluarkan peringatan tentang investasi crypto yang didorong oleh FOMO (fear of missing out) beberapa hari sebelum persetujuan ETF Bitcoin spot yang diantisipasi. Meskipun ada peringatan ini, banyak pelaku pasar tetap optimis tentang prospek jangka panjang Bitcoin dan produk terkaitnya.

Kesimpulan: Apa yang Diharapkan Investor?

Kenaikan harga Bitcoin ini menimbulkan pertanyaan penting: apakah ini awal dari kebangkitan baru di pasar crypto? Dengan potensi persetujuan ETF Bitcoin spot dan minat yang meningkat dari investor institusional, masa depan Bitcoin tampak cerah. Namun, investor juga harus waspada terhadap risiko yang terkait dengan volatilitas pasar crypto.

Baca Juga: Akun X SEC Dihack, Tweet Mengenai ETF Bitcoin Hebohkan Pasar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Cointelegraph. Bitcoin price rallies past $47K as spot BTC ETF deadline approaches. Diakses tanggal 9 Januari 2024.