Harga Bitcoin (BTC) Sentuh Rp700 Juta Hari Ini! Apa Faktor Utamanya?

Harga Bitcoin (BTC) Sentuh Rp700 Juta Hari Ini! Apa Faktor Utamanya?

Bitcoin (BTC) baru-baru ini mencapai tonggak penting dengan melampaui nilai $45.000 atau Rp700 juta per hari ini 2 Januari 2024. Ini merupakan pertama kalinya dalam hampir dua tahun terakhir, menandakan momen penting dalam sejarah crypto. Peningkatan ini terjadi di tengah harapan tinggi terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC, yang banyak diantisipasi oleh para investor. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Kenaikan Harga Bitcoin: Faktor Pendorong Utama

harga bitcoin 700 juta rupiah
Sumber: Market Pintu

Bitcoin mengalami lonjakan harga yang signifikan, menembus angka $45.000, sebuah pencapaian yang belum terlihat sejak April 2022. Kenaikan ini terjadi setelah Bitcoin berada di harga $42.000 pada 1 Januari, menunjukkan peningkatan lebih dari 6% dalam 24 jam terakhir dan 170% dalam setahun terakhir. Peningkatan ini tidak hanya mencerminkan optimisme pasar tetapi juga menandai titik tertinggi baru untuk tahun ini.

Spekulasi mengenai persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC menjadi salah satu faktor utama yang mendorong kenaikan harga ini. Pasar crypto tampaknya bersiap untuk keputusan SEC terkait beberapa aplikasi ETF Bitcoin spot yang sedang menunggu persetujuan. Keputusan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi harga Bitcoin di masa depan.

Baca Juga: Bitcoin Mengalahkan Emas dan S&P 500: Kebangkitan Spektakuler di 2023!

Pengaruh ETF Bitcoin Spot dan Prediksi Pasar

analisa btc 45000 dolar
Sumber: Akun X The Wof of All Street

Persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC dianggap sebagai langkah penting dalam evolusi pasar crypto. Analis dari platform perdagangan opsi crypto Greeks.live berpendapat bahwa persetujuan ETF tidak akan langsung menyebabkan lonjakan harga Bitcoin yang signifikan karena volatilitas yang berkurang. Namun, ada pandangan berbeda dari trader lain yang optimis tentang potensi kenaikan harga Bitcoin.

Scott Melkor, seorang trader terkenal, memprediksi bahwa Bitcoin bisa mencapai hingga $54.000 setelah persetujuan ETF. Meskipun ada perbedaan pendapat di antara para analis, banyak yang setuju bahwa persetujuan ETF akan membawa dampak positif jangka panjang bagi pasar crypto, dengan potensi menarik triliunan dolar dalam aliran masuk.

Baca Juga: Ini Rahasia Sukses YouTuber Crypto dan Prediksi Harga Bitcoin Pasca-ETF!

Bitcoin dan Pasar Global: Sebuah Perspektif

Bitcoin tidak hanya mencatat kenaikan harga yang mengesankan tetapi juga meningkatkan kapitalisasi pasarnya, yang kini telah melampaui beberapa perusahaan besar seperti Tesla dan Berkshire Hathaway. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Bitcoin terus mendapatkan penerimaan dan legitimasi di mata investor global.

Kenaikan harga Bitcoin ini juga mencerminkan kepercayaan yang meningkat di kalangan investor. Pencapaian angka psikologis seperti $45.000 sering meningkatkan kepercayaan pasar, yang pada gilirannya dapat mendorong lebih banyak perdagangan dan potensi efek flywheel. Dalam gambaran yang lebih besar, Bitcoin semakin mendekati rekor tertinggi tahun lalu, menunjukkan tren positif yang berkelanjutan.

Kesimpulan

Kenaikan harga Bitcoin di atas $45.000 menandai momen penting dalam sejarah mata uang digital ini. Dengan antisipasi yang tinggi terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC, pasar crypto tampaknya memasuki fase baru yang penuh harapan. Meskipun ada perbedaan pendapat di antara para analis, satu hal yang jelas adalah bahwa Bitcoin terus menunjukkan kekuatannya sebagai aset digital utama di pasar global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: