Bitcoin Melonjak 10% Akibat Hoaks Persetujuan ETF BlackRock? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Bitcoin Melonjak 10% Akibat Hoaks Persetujuan ETF BlackRock? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

harga Bitcoin melonjak mendekati $30,000 akibat beredarnya kabar palsu tentang persetujuan dana bursa (ETF) yang memicu euforia pasar. Namun, kabar tersebut ternyata tidak benar dan telah menimbulkan kekacauan di pasar crypto.

Hoaks Persetujuan ETF BlackRock

Cointelegraph, sebuah publikasi berita crypto, sempat mengumumkan melalui Twitter bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS atau Securities and Exchange Commission (SEC) telah menyetujui Bitcoin ETF Trust iShares milik BlackRock. Kabar ini langsung memicu lonjakan harga Bitcoin hingga 10% lebih tinggi dari hari sebelumnya.

Baca Juga: Bitcoin Mulai Membangun Momentum Bullish, Apakah Kamu Siap?

Namun, Cointelegraph tidak memberikan sumber berita dan akhirnya menghapus tweet tersebut dan meminta maaf atas penyebaran informasi yang tidak akurat.

BlackRock sendiri melalui email mengonfirmasi bahwa ETF mereka masih dalam tahap review oleh SEC. Harga Bitcoin pun kembali turun dengan cepat setelah ahli ETF dan publikasi berita lainnya memastikan bahwa SEC belum menyetujui produk investasi tersebut.

Dampak Hoaks terhadap Pasar Crypto

adopsi bitcoin oleh blackrock
Sumber: Inside Bitcoin

Hoaks ini tidak hanya berdampak pada harga Bitcoin, tetapi juga mempengaruhi pasar crypto secara keseluruhan. Mata uang digital utama lainnya seperti Ethereum, Solana, dan Dogecoin juga ikut melonjak. Data CoinGlass menunjukkan bahwa hampir $79 juta posisi short telah dilikuidasi dalam beberapa jam setelah tweet tersebut.

Dalam 24 jam terakhir, $136,5 juta posisi telah dilikuidasi. Investor institusional telah menuangkan uang ke dalam ruang ini dan pada gilirannya menyebabkan aset tersebut melonjak ke titik tertinggi dalam 12 bulan.

Namun, SEC telah menunda memberikan jawaban tentang daftar panjang aplikasi ETF Bitcoin yang mereka miliki dari manajer dana profil tinggi.

Paragraf Penutup

Investor besar sangat menginginkan ETF Bitcoin karena ini akan memberi mereka akses ke Bitcoin tanpa harus berurusan dengan masalah penyimpanan yang kompleks. Diharapkan jika ETF Bitcoin disetujui, banyak uang akan mengalir ke ruang ini, yang akan menyebabkan lonjakan harga.

Baca Juga: BlackRock Belum Dapatkan Izin ETF Bitcoin, Harga Bitcoin Bergolak!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi