Bitcoin Melonjak 5%, Tembus Rp630 Juta! Tertinggi Sejak April 2022? Ini Analisanya!

Bitcoin Melonjak 5%, Tembus Rp630 Juta! Tertinggi Sejak April 2022? Ini Analisanya!

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan lonjakan harga Bitcoin yang menembus angka $41.000 atau Rp630 juta (kurs $1 = Rp15.400) per 4 Desember 2023, sebuah pencapaian tertinggi sejak April 2022. Fenomena ini tidak hanya menandai momentum penting bagi Bitcoin, tetapi juga menunjukkan tren positif yang lebih luas di pasar crypto. Apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana dampaknya terhadap investor dan pasar secara keseluruhan?

Lonjakan Harga Bitcoin per 4 Desember 2023

harga bitcoin 4 desember 2023
Sumber: Market Pintu

Bitcoin, mata uang digital terbesar di dunia, telah berhasil menembus batas psikologis $41.000. Ini merupakan pertama kalinya sejak April 2022, Bitcoin mencapai nilai setinggi ini. Peningkatan ini terjadi di tengah spekulasi tentang penurunan suku bunga di AS dan antisipasi persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa AS untuk Bitcoin.

Pada hari Minggu, 3 Desember 2023, Bitcoin mencapai puncaknya di $40.210 dan stabil di angka $40.011 pada awal hari di Asia. Analis pasar menyatakan bahwa Bitcoin seringkali bereaksi positif terhadap pemecahan level psikologis penting, yang menambah momentum positif ini. Kenaikan harga ini juga mencerminkan lebih dari dua kali lipat nilai Bitcoin sepanjang tahun, menandakan pemulihan dari “crypto winter” yang terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Bitcoin Menuju $100.000 di Akhir Tahun 2024? Ini Prediksi Standard Chartered!

Faktor Pendukung dan Prospek Masa Depan

Beberapa faktor telah mendukung kenaikan harga Bitcoin ini. Salah satunya adalah ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan menghentikan kenaikan suku bunga dan mulai menurunkannya pada awal 2023. Selain itu, laporan pada Oktober bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS tidak akan mengajukan banding atas putusan pengadilan terkait penolakan aplikasi dana yang diperdagangkan di bursa dari Grayscale Investments, juga mendorong harapan akan persetujuan yang akan datang.

ETF Bitcoin spot, jika disetujui, akan memungkinkan investor yang sebelumnya ragu untuk mengakses crypto melalui pasar saham, membawa gelombang modal baru ke sektor ini. Ether, koin yang terkait dengan jaringan blockchain Ethereum, juga mencapai titik tertinggi dalam 1,5 tahun pada hari Minggu, menunjukkan tren positif yang serupa di pasar crypto.

Baca Juga: Hitung Mundur Menuju Bitcoin Halving 2024: Siap Masuk Fase Bullish?

Dampak pada Pasar dan Investor

Lonjakan harga Bitcoin ini memiliki dampak signifikan pada pasar crypto dan investor. Ini menandakan pemulihan pasar dari periode bearish yang panjang dan memberikan harapan baru bagi investor. Dengan potensi persetujuan ETF Bitcoin spot, pasar bisa melihat aliran modal baru yang signifikan, yang akan lebih meningkatkan nilai dan stabilitas pasar crypto.

Selain itu, kenaikan ini juga menunjukkan bahwa crypto semakin diterima sebagai aset investasi yang sah. Meskipun masih jauh dari rekor tertinggi di atas $60.000, tren saat ini memberikan sinyal positif bagi masa depan crypto. Investor yang sebelumnya ragu mungkin akan mulai melirik crypto sebagai bagian dari portofolio investasi mereka.

Lonjakan harga Bitcoin baru-baru ini menjadi bukti ketahanan dan potensi pertumbuhan pasar crypto. Dengan faktor-faktor pendukung yang kuat dan prospek masa depan yang cerah, pasar crypto tampaknya sedang bersiap untuk fase pertumbuhan baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: