Bitcoin Lampaui Visa dalam Volume Transaksi, Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto?

Bitcoin Lampaui Visa dalam Volume Transaksi, Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto?

Bitcoin, sering disebut sebagai “emas digital”, telah mencapai tonggak sejarah dengan melampaui volume transaksi tahunan Visa. Meskipun ini adalah pencapaian yang mengesankan, ada beberapa nuansa yang perlu dipertimbangkan dalam memahami dampak sebenarnya dari berita ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pencapaian Bitcoin dan Nuansa yang Terlewatkan

pencapaian bitcoin volume transaksi
Sumber: U Today

Meskipun Bitcoin telah melampaui Visa dalam volume transaksi, istilah “volume transaksi” bisa menyesatkan. Sebagian besar aktivitas jaringan Bitcoin dalam setahun terakhir berasal dari Ordinals, protokol yang memungkinkan satoshi di blockchain diberi pengenal unik.

Protokol ini melakukan transaksi frekuensi tinggi, sehingga meskipun volume transaksi murni mengesankan, itu tidak selalu menunjukkan penggunaan ritel yang luas atau adopsi.

Penting untuk memahami bahwa Bitcoin dan Visa melayani tujuan yang berbeda dan memiliki karakteristik unik mereka sendiri.

Baca Juga: Bitcoin Bersinar Lagi: Apa yang Mendorong Prediksi Harga BTC yang Meningkat?

Perbandingan antara Visa dan Bitcoin

bitcoin vs visa
Sumber: Akun Twitter Will Clemente

Dilansir dari Cryptonews, Visa adalah sistem pembayaran terpusat yang telah ada selama beberapa dekade, disesuaikan untuk transaksi konsumen. Sementara itu, Bitcoin adalah jaringan desentralisasi di mana transaksi dapat mewakili segala sesuatu mulai dari pembelian kopi hingga transfer aset senilai jutaan dolar.

Meskipun keduanya berbeda secara fundamental, pencapaian Bitcoin menunjukkan pengaruh yang meningkat dari jaringan desentralisasi.

Ini juga memicu pertanyaan tentang bagaimana lanskap keuangan mungkin terlihat di masa depan. Apakah jaringan desentralisasi suatu hari nanti akan menjadi norma?

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024, Ancaman atau Peluang Emas bagi Penambang dan Investor?

Tantangan Adopsi Pembayaran Desentralisasi

Meskipun ada optimisme di sekitar mata uang kripto, adopsi penuh pembayaran desentralisasi belum berjalan sesuai harapan banyak pihak.

Eksperimen El Salvador dengan Bitcoin menunjukkan banyak kelemahan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat umum saat berinteraksi dengan pembayaran digital.

Namun, dengan perkembangan teknologi dan kesadaran yang meningkat, ada harapan bahwa hambatan ini dapat diatasi di masa depan.

Pencapaian Bitcoin dalam melampaui volume transaksi Visa adalah tonggak penting dalam evolusi cryptocurrency. Namun, untuk sepenuhnya memahami dampak dan potensi ini, penting untuk melihat lebih dalam dan mempertimbangkan semua aspek dari lanskap keuangan yang terus berubah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: