Bitcoin (BTC) Capai Valuasi $800 Miliar, Peringkat ke-10 Aset Terbesar di Dunia!

Bitcoin (BTC) Capai Valuasi $800 Miliar, Peringkat ke-10 Aset Terbesar di Dunia!

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto, di mana Bitcoin (BTC) berhasil melampaui nilai pasar Berkshire Hathaway, mencapai angka fantastis di atas $800 miliar per 5 Desember 2023. Kini, mata uang digital ini berada di peringkat ke-10 aset terbesar dunia, mengalahkan perusahaan besar seperti Meta dan Nvidia. Apa yang membuat Bitcoin begitu spesial, dan apakah ini pertanda akan ada kenaikan harga lebih lanjut?

Bitcoin vs Berkshire Hathaway

Bitcoin vs Berkshire Hathaway
Sumber: Companies Market Cap

Bitcoin kini menjadi bintang baru di pasar keuangan global, dengan nilai pasar yang telah melampaui Berkshire Hathaway, konglomerat Amerika yang dipimpin oleh investor legendaris Warren Buffet. Pada tanggal 4 Desember 2023, Bitcoin mencatatkan harga di atas $42.000, mendorong kapitalisasi pasarnya melewati $780 miliar.

Sementara itu, Berkshire Hathaway hanya mencatatkan $779 miliar pada penutupan pasar 1 Desember. Berkshire Hathaway mengalami penurunan sekitar 1,3% dalam lima hari terakhir, namun masih mencatatkan kenaikan 4,7% dalam 30 hari terakhir dan 14,7% sejak awal tahun.

Sebaliknya, Bitcoin menunjukkan volatilitas yang jauh lebih tinggi dengan kenaikan 20% dalam sebulan terakhir dan hampir 150% sejak awal tahun.

Baca Juga: Naik Drastis, Harga Bitcoin (BTC) Tembus $42.000, Saatnya Investasi?

Prediksi dan Analisis Harga Bitcoin

Analisis terkini menunjukkan bahwa Bitcoin mungkin akan mencapai target harga baru sebelum peristiwa “halving” berikutnya. Dengan mencapai puncak tahunan dan menembus resistensi jangka panjang, banyak yang bertanya-tanya apakah ini adalah awal dari tren bullish yang lebih besar.

Namun, beberapa analis memperingatkan bahwa pasar mungkin mengharapkan koreksi setelah kenaikan harga yang cepat ini. Prediksi harga BTC saat ini bervariasi, tetapi sentimen umumnya positif dengan harapan bahwa Bitcoin akan terus menunjukkan performa yang kuat. Meskipun demikian, investor diingatkan untuk tetap waspada terhadap volatilitas pasar crypto yang tinggi.

Baca Juga: Investasi Bitcoin El Salvador: Dari Rugi Menjadi Untung!

Bitcoin dan Masa Depan Keuangan Digital

Dengan capaian ini, Bitcoin semakin mengukuhkan posisinya sebagai aset keuangan digital yang tidak bisa diabaikan. Kenaikan kapitalisasi pasar Bitcoin menjadi $811 miliar menandakan bahwa mata uang crypto ini hanya 38% di bawah harga tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada November 2021.

Apakah ini akan menjadi titik balik bagi Bitcoin untuk mencapai valuasi $1 triliun untuk kedua kalinya? Kemajuan ini juga menarik perhatian dari komunitas hukum crypto, dengan komentar dari John Deaton yang menyindir pernyataan Warren Buffet sebelumnya. Kini, semua mata tertuju pada langkah selanjutnya dari Bitcoin di pasar global.

Pencapaian Bitcoin yang fenomenal ini bukan hanya sekedar angka, tetapi juga sebuah pernyataan bahwa era digital telah mengubah peta keuangan dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: