Bitcoin Melambung Tinggi, 80% Pemegang Bitcoin Raup Untung! Apa yang akan Terjadi Selanjutnya?

author:

Bitcoin Melambung Tinggi, 80% Pemegang Bitcoin Raup Untung! Apa yang akan Terjadi Selanjutnya?

Per 24 Oktober 2023 kemarin, pasar Bitcoin sedang bergolak. Dengan 80% pemegang Bitcoin kini berada di zona untung, apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah ini akan menjadi awal dari kenaikan harga Bitcoin yang baru atau hanya sekedar peringatan untuk berhati-hati?

Mayoritas Pemegang Bitcoin Raup Untung

Sebuah laporan penelitian yang dirilis oleh Glassnode pada 24 Oktober 2023 menunjukkan bahwa lebih dari 80% dari total pasokan Bitcoin kini berada di zona untung. Ini berarti bahwa sebagian besar pemegang Bitcoin kini menemukan diri mereka di atas harga rata-rata impas, yang berada di sekitar $28,000.

suplai bitcoin
Sumber: Glassnode

Baca juga: Harga Bitcoin Sentuh Rp548 Juta dan Melonjak 23% dalam 1 Minggu, Apa Faktor Dibalik Kenaikan BTC?

Namun, para pemegang saham jangka panjang (LTH) tampaknya tidak terpengaruh oleh rally minggu ini karena hampir 30% dari suplai mereka “disimpan dalam posisi merugi,” kata para analis.

Situasi ini mirip dengan kondisi pada akhir 2015 dan awal 2019, serta dasar Maret 2020, yang menunjukkan bahwa kohort saat ini mungkin lebih tangguh dan tegas dibandingkan dengan siklus sebelumnya.

Bitcoin Siap untuk Rally Baru

Sementara itu, analis di Bitfinex mengatakan bahwa metrik on-chain, seperti Spent Output Age Bands (SOAB), menunjukkan dukungan lebih lanjut untuk volatilitas Bitcoin yang berkelanjutan dalam beberapa bulan mendatang.

Seiring Bitcoin dengan cepat melampaui tanda $34,000, pasar crypto kini lebih bergantung pada narasi berita utama daripada sebelumnya. Bitcoin telah mencapai level tertinggi tahunan baru setelah laporan muncul bahwa BlackRock’s iShares Bitcoin Trust telah terdaftar di Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC) di tengah permintaan yang kuat untuk dana yang diperdagangkan di bursa dalam industri crypto dan pasar keuangan yang lebih luas.

Baca juga: Bitcoin Jadi Sorotan Utama dalam Investasi Crypto Ditengah Antusiasme ETF Spot!

Pemegang Bitcoin Jangka Panjang Tetap Tangguh

Namun, pemegang jangka panjang (LTH) tampaknya tidak terpengaruh oleh rally minggu ini karena hampir 30% dari pasokan mereka “dipegang dengan kerugian,” kata analis.

Ini menunjukkan bahwa meskipun pasar sedang naik, masih ada sejumlah pemegang Bitcoin yang tetap bertahan meski mengalami kerugian, menunjukkan kekuatan dan ketahanan dari pemegang Bitcoin jangka panjang.

Dengan 80% pemegang Bitcoin kini berada di zona untung, pasar Bitcoin mungkin sedang bersiap untuk rally baru. Namun, seperti yang selalu terjadi dalam dunia investasi, selalu ada risiko.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu melakukan penelitian dan berinvestasi dengan bijaksana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: