Bitcoin: Masa Depan DeFi yang Tak Terbantahkan

Bitcoin: Masa Depan DeFi yang Tak Terbantahkan

Dunia keuangan terdesentralisasi (DeFi) sedang menyaksikan sebuah revolusi, dan Bitcoin berada di garis depan perubahan ini. Meskipun Ethereum telah lama memegang gelar sebagai lapisan premium untuk DeFi, Bitcoin kini muncul sebagai pemain kunci dalam adopsi DeFi mainstream.

Bitcoin dan Dominasi DeFi

Bitcoin, dengan sejarahnya yang panjang dan statusnya sebagai mata uang digital asli, kini berperan penting dalam ekosistem DeFi. Dengan total nilai terkunci (TVL) yang masih muda sebesar $158 juta dibandingkan dengan kapitalisasi pasar $513 miliar, potensi Bitcoin dalam DeFi sangat besar.

Sebagai satu-satunya aset digital yang benar-benar dianggap sebagai komoditas oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS, Bitcoin mendapatkan traksi yang stabil dalam lanskap regulasi AS.

Baca Juga: ECB Menolak Bitcoin: Apa Dampaknya bagi Investor?

Bitcoin menawarkan kombinasi inovasi yang ditawarkan Ethereum dengan keaslian Bitcoin. Perdebatan tentang membawa DeFi ke Bitcoin seharusnya tidak hanya berfokus pada apa yang dapat dibuka oleh DeFi yang didukung Bitcoin untuk pengguna dan pengembang.

Kembali ke Dasar dengan Bitcoin

penambangan bitcoin
Sumber: Coingape

Mekanisme konsensus proof of work (PoW) Bitcoin menawarkan dasar yang kuat untuk jaringan pembayaran global yang terpisah dari entitas atau badan pemerintahan mana pun.

Garansi komputasional bawaan cukup untuk menarik investor crypto institusional, menunjukkan bahwa Bitcoin cukup baik untuk pemain keuangan tradisional. Properti intrinsik Bitcoin masih hilang dari ekosistem DeFi lainnya.

Potensi Bitcoin sebagai jalur teraman bagi pengguna baru untuk memasuki dunia DeFi sering diabaikan, sebagian besar karena narasi lama yang telah dibangun di sekitar Bitcoin. Namun, banyak dari narasi ini bahkan tidak lagi didukung oleh pembangun Bitcoin yang paling aktif.

Apa yang Membuat Bitcoin DeFi Menonjol?

Berbeda dengan banyak lapisan-1 lainnya yang juga mengalami volatilitas harga dan ketidakpastian regulasi crypto dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin memiliki kepastian pemotongan separuh pada tahun 2024.

Secara historis, peristiwa pemotongan separuh Bitcoin telah menciptakan minat yang meningkat: Permintaan yang diharapkan ini menjaga pengembangan jaringan aktual terpisah dari fluktuasi pasar crypto.

Efek jaringan Bitcoin, didorong oleh basis pengguna yang luas, menciptakan keuntungan yang menarik bagi pengguna baru yang menjelajahi DeFi. Efek jaringan ini mendorong likuiditas, mengurangi gesekan, dan memastikan integrasi yang mulus dengan platform DeFi, memudahkan siapa saja yang memegang bitcoin untuk mengakses dan memanfaatkan aplikasi terdesentralisasi.

Kesimpulan

Bitcoin tidak hanya menandai masa depan DeFi, tetapi juga membuka jalan bagi inovasi dan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam ruang ini. Dengan stabilitas, kepercayaan, efek jaringan, keamanan, interoperabilitas, dan kepatuhan regulasi, Bitcoin adalah titik awal yang ideal bagi mereka yang ingin menjelajahi lanskap DeFi.

Baca Juga: Revolusi Investasi: ETF Bitcoin Kini Disetujui SEC, Apa Dampaknya Bagi Kamu?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: