Bitcoin Melonjak di 2023, Mengalahkan Aset Tradisional!

Bitcoin Melonjak di 2023, Mengalahkan Aset Tradisional!

Tahun ini, Bitcoin mengejutkan pasar dengan kinerja yang luar biasa. Menurut Kaiko Research, mata uang digital ini berhasil menjadi salah satu aset dengan performa terbaik di 2023, hanya kalah dari Nvidia. Kenaikan ini terjadi meskipun ada kondisi makroekonomi yang ketat dan tantangan di industri crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Analisis Rasio Sharpe Bitcoin

risk adjusted returns btc
Imbal hasil yang disesuaikan dengan risiko dari berbagai aset. Sumber: Kaiko

Bitcoin menunjukkan kekuatannya melalui Rasio Sharpe yang mengesankan, sebuah ukuran yang membandingkan return investasi dengan risiko yang diambil. Rasio ini menempatkan Bitcoin hanya sedikit di bawah Nvidia, menandakan performa yang kuat di tengah fluktuasi pasar. Dengan Rasio Sharpe yang tinggi, Bitcoin menawarkan imbal hasil yang menarik bagi investor yang berani mengambil risiko.

Dibandingkan dengan aset lain, Nvidia memimpin dengan kenaikan harga saham sebesar 241%. Sementara itu, MicroStrategy dan Coinbase juga mencatatkan kenaikan yang signifikan, tetapi Bitcoin dengan kenaikan 168% memiliki Rasio Sharpe yang lebih baik. Ethereum dan indeks tradisional seperti NASDAQ dan S&P 500 juga mengalami tren positif, namun tidak ada yang sebanding dengan performa Bitcoin.

Baca Juga: 5 Aset Crypto dengan Kenaikan Fantastis, Nomor 1 Melonjak 3134%!

Perjalanan Bitcoin Sepanjang 2023

Kaiko Research membagi perjalanan Bitcoin tahun ini menjadi tiga fase: rebound awal, stagnasi pertengahan tahun, dan lonjakan di akhir tahun. Dari Maret hingga Oktober, harga Bitcoin berfluktuasi antara $25.000 dan $30.000, dengan penurunan volume perdagangan di musim panas. Namun, setelah BlackRock mengajukan aplikasi untuk ETF Bitcoin spot pada Juni, harga Bitcoin mendekati $45.000.

Faktor makroekonomi seperti performa dolar AS dan tren pasar saham sering mempengaruhi harga Bitcoin. Meskipun sering dianggap sebagai emas digital atau lindung nilai inflasi, korelasinya dengan indikator ekonomi lebih luas terlihat jelas. Namun, sejak akhir musim panas, Bitcoin mulai menunjukkan tanda-tanda pemisahan dari indeks NASDAQ 100, menandakan dinamika pasar yang berkembang.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) akan Tembus Rp773 Juta pada Januari 2024, Simak Prediksinya!

Outlook Menjanjikan Bitcoin

Bitcoin telah membuktikan ketahanannya dan menempatkan dirinya sebagai aset dengan performa terbaik di 2023. Potensi pemisahan dari indikator ekonomi tradisional menunjukkan bahwa Bitcoin semakin matang sebagai aset investasi. Dengan prospek yang cerah, Bitcoin diharapkan terus menarik minat investor di masa depan.

Dengan kenaikan lebih dari 160% di tahun 2023, Bitcoin telah membuktikan dirinya sebagai aset yang tidak boleh diabaikan. Kinerjanya yang mengesankan, terutama dalam hal Rasio Sharpe, menunjukkan bahwa Bitcoin mungkin menjadi pilihan investasi yang bijak bagi kamu yang mencari diversifikasi aset dan potensi return yang tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: