Gelombang Hijau Crypto: Bitcoin Sentuh ATH $69K dan Memicu Likuidasi $550 Juta!

author:

Gelombang Hijau Crypto: Bitcoin Sentuh ATH $69K dan Memicu Likuidasi $550 Juta!

Dalam gelombang hijau yang melanda pasar crypto, Bitcoin (BTC) telah mencapai puncak sebelumnya sekitar $69.000, menandai salah satu hari paling berkesan di dunia crypto.

Kenaikan harga Bitcoin yang stabil dalam beberapa bulan terakhir telah mencapai puncaknya bulan lalu, dengan reli BTC pada Februari mencatatkan kenaikan bulanan terpanjang dalam sejarah 15 tahunnya.

Kini, dengan Bitcoin yang mencapai rekor tertinggi sebelumnya dan altcoin mencatatkan kenaikan yang mengesankan, pasar mengalami likuidasi massal yang mencapai $550 juta dalam 24 jam terakhir, menurut laporan Crypto News (5/3/24).

Bitcoin Mendekati Rekor Tertinggi Sebelumnya

likuidasi bitcoin
Likuidasi kripto dalam 24 jam – 5 Maret 2024 | Sumber: Coinglass

Bitcoin, yang telah berkonsolidasi sekitar $61.000-$62.000 di awal Maret, melonjak sekali lagi menyentuh all time high-nya di $69.000 pada 5 Maret, mencapai $69.200 sebelum sedikit mundur ke level saat ini di $67.700.

Baca juga: Meroket! ETF Bitcoin Spot Raup Dana Masuk Sebesar $562 Juta!

Kenaikan ini terjadi lebih dari sebulan sebelum halving Bitcoin, yang akan mengurangi laju penambangan BTC baru. Sejarah menunjukkan bahwa halving biasanya diikuti oleh reli bullish untuk aset digital terkemuka ini, menandakan bahwa reli mungkin masih jauh dari selesai.

Likuidasi Massal dan Kenaikan Altcoin

Gelombang hijau di industri ini telah mengakibatkan likuidasi jutaan dolar. Menurut CoinGlass, jumlah likuidasi dalam 24 jam terakhir mencapai $550 juta, dengan 60% dari jumlah tersebut merupakan posisi short.

BTC menyumbang sebagian besar dari total angka tersebut, sementara ETH mengikuti di urutan kedua dengan $91 juta. DOGE dan SHIB juga secara kolektif menyumbang sekitar $60 juta dalam posisi short.

Baca juga: Altcoin Season Mengambil Momentum: Memecoin dan AI Memimpin Laju!

Pengaruh Halving Bitcoin dan Prospek Masa Depan

Kenaikan Bitcoin ke puncak historisnya terjadi lebih dari sebulan sebelum halving, yang akan mengurangi hadiah untuk penambang yang memvalidasi blok baru di blockchain menjadi 3,125 BTC dari 6,25 BTC.

Dengan halving yang telah secara historis diikuti oleh bull run untuk aset digital terkemuka dan ledakan pasar, rally ini mungkin masih jauh dari selesai, menjanjikan lebih banyak aksi harga yang menarik di pasar crypto.

Dengan Bitcoin hampir mencapai rekor tertinggi sebelumnya dan altcoin mencatatkan kenaikan yang mengesankan, pasar crypto saat ini berada dalam keadaan yang sangat dinamis.

Likuidasi massal dan prospek halving Bitcoin menambahkan lebih banyak intrik ke dalam narasi pasar, dengan komunitas crypto secara kolektif menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya dalam saga yang terus berkembang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: