Bitcoin Mengungguli Ethereum, TVL DeFi Melonjak 11% di November 2023!

author:

Bitcoin Mengungguli Ethereum, TVL DeFi Melonjak 11% di November 2023!

Pasar crypto mengalami pertumbuhan yang mencolok, dengan laporan terkini dari Binance yang menunjukkan kenaikan sebesar 11% di ranah DeFi. Dua mata uang digital utama, Solana (SOL) dan Chainlink (LINK), mencatat kinerja yang mengesankan.

Tidak hanya itu, kejutan terjadi ketika ongkos transaksi Bitcoin melebihi Ethereum, menandai pergeseran tren yang menarik perhatian pelaku pasar.

Ongkos Transaksi Bitcoin Meningkat Tajam

tvl defi meningkat
Sumber: Binance Research

Baca juga: Aliran Dana Masuk Crypto Capai $1,76 Miliar, Bitcoin dan Ethereum Rajai Pasar!

Dalam bulan yang lalu, ongkos untuk melakukan transaksi dengan Bitcoin (BTC) telah berhasil melewati Ethereum (ETH), suatu kejadian yang tidak sering terjadi. Kenaikan ini dipicu oleh aktivitas jaringan Bitcoin yang meningkat secara tidak terduga.

Biasanya, Ethereum mendominasi dalam hal ongkos transaksi karena banyaknya aplikasi terdesentralisasi yang beroperasi di atasnya. Ongkos transaksi yang meningkat pada Bitcoin menandakan adanya pergeseran dalam cara jaringan digunakan. Ini dapat diartikan bahwa Bitcoin tidak hanya dipandang sebagai aset untuk penyimpanan nilai, tetapi juga semakin sering digunakan untuk bertransaksi.

DeFi Menjadi Fokus Investor

Sektor DeFi mencatatkan peningkatan volume yang signifikan, dengan dana institusional yang mulai mengalir ke produk-produk crypto. Total nilai yang dikunci (TVL) dalam platform DeFi naik sebesar 11% dalam waktu 30 hari terakhir.

sol dan link
Sumber: Binance Research

Secara spesifik, Solana (SOL) mengalami kenaikan hingga 56%. Lonjakan ini menandakan bahwa kepercayaan investor terhadap DeFi semakin kuat. Platform DeFi menyediakan berbagai layanan keuangan yang inovatif, yang semakin menarik minat dan investasi dari kalangan investor institusional dan ritel.

Baca juga: Bitcoin Melonjak 4,88% per 24 Jam, Apakah ETF Akan Segera Disetujui?

Regulasi dan Kepatuhan Binance

Binance, yang merupakan salah satu bursa crypto populer, menjadi sorotan setelah mencapai sebuah kesepakatan kepatuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Richard Teng, seorang eksekutif di Binance, menyatakan bahwa perusahaan telah melakukan perombakan besar-besaran setelah kesepakatan tersebut.

Kesepakatan kepatuhan ini merupakan langkah krusial bagi Binance untuk memperkuat posisinya di kancah global. Namun, absennya SEC dalam pengumuman kesepakatan ini menimbulkan tanda tanya di antara investor dan analis pasar.

Dengan adanya perubahan dalam dinamika ongkos transaksi antara Bitcoin dan Ethereum serta kenaikan nilai di sektor DeFi, pasar crypto mengalami bulan yang penuh dengan perubahan. Peristiwa ini menunjukkan pentingnya untuk terus memperbarui pengetahuan tentang perkembangan terkini agar dapat memanfaatkan peluang yang tersedia di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: