Naik Drastis, Harga Bitcoin (BTC) Tembus $42.000, Saatnya Investasi?

Naik Drastis, Harga Bitcoin (BTC) Tembus $42.000, Saatnya Investasi?

Bitcoin sekali lagi menjadi sorotan utama dengan lonjakan harga yang dramatis, berhasil menembus batas $42.000 dan mencatat rekor tertinggi dalam kurun waktu 20 bulan terakhir. Peningkatan ini terjadi di tengah berbagai perkembangan yang menguntungkan di industri crypto secara global, yang menarik perhatian para investor. Apakah ini merupakan indikasi yang tepat bagi kamu untuk memulai investasi?

Peningkatan Harga Bitcoin

Sebagai mata uang crypto yang paling terkenal, Bitcoin baru-baru ini mengalami lonjakan harga yang cukup besar. Dengan berhasil melampaui nilai $42.000, Bitcoin telah mencapai titik tertinggi yang belum pernah terjadi sejak Mei 2022, menunjukkan pemulihan dari volatilitas harga yang terjadi sebelumnya.

Peningkatan ini dipicu oleh berita penyelesaian kasus pencucian uang yang melibatkan Binance dan Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Berita tersebut mencakup kesepakatan Binance untuk membayar denda sejumlah $4,3 miliar.

Kejutan di pasar juga muncul dari pengunduran diri CEO Binance, Changpeng ‘CZ’ Zhao, yang menghadapi denda pribadi dan kemungkinan hukuman penjara. Namun, pasar crypto tampaknya menanggapi dengan optimisme yang bertambah.

Baca Juga: 3 Crypto yang Bakal Meroket 2024, Ada Koin Favoritmu?

Dampak Global pada Crypto

Perubahan dalam kancah politik global, seperti pemilihan Javier Milei yang mendukung bitcoin sebagai Presiden Argentina, juga memberikan pengaruh terhadap nilai mata uang crypto. Meskipun Milei tidak sepenuhnya mendukung Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, sikap pro-bitcoin yang ia tunjukkan telah memberikan dampak positif terhadap pasar crypto.

Ethereum pun turut merasakan kenaikan, berkat peralihan mereka ke jaringan proof-of-stake. Pasar crypto juga bereaksi terhadap perkembangan dalam regulasi yang lebih luas, termasuk kemungkinan persetujuan dari SEC terhadap aplikasi ETF Bitcoin spot.

Perkembangan regulasi ini menciptakan lingkungan yang lebih teratur dan berpotensi lebih stabil untuk mata uang crypto. Gabungan dari berbagai faktor ini menandakan bahwa pasar crypto semakin dewasa dan responsif terhadap berbagai dinamika ekonomi dan politik di dunia.

Baca Juga: Bitcoin Menuju $100.000 di Akhir Tahun 2024? Ini Prediksi Standard Chartered!

Rekor Baru dan Likuidasi

harga btc desember 2023
Sumber: Market Pintu

Bitcoin mencatat rekor baru dengan mencapai nilai tertinggi sejak Mei 2022, menunjukkan peningkatan nilai lebih dari 150% sejak awal tahun. Kapitalisasi pasar crypto global juga mengalami kenaikan, mencapai $1,62 triliun, yang menandakan peningkatan sebesar 4,0% dalam 24 jam terakhir. Volume perdagangan di pasar crypto pada bulan November mencapai puncaknya sejak Maret tahun yang sama.

Data onchain menunjukkan bahwa volume perdagangan harian Bitcoin meningkat dari lebih dari $30 miliar pada 1 Desember menjadi $32 miliar saat ini. Data dari Coinglass juga menunjukkan bahwa lebih dari 75.887 trader mengalami likuidasi, dengan total likuidasi yang mencapai lebih dari $216 juta. Sebagian besar likuidasi ini menargetkan posisi short, dengan $166 juta posisi short terhapus, sementara posisi long hanya lebih dari $50 juta.

Mengingat semua perkembangan yang terjadi, pasar crypto menunjukkan dinamika yang solid dengan potensi untuk tumbuh lebih jauh. Apakah ini merupakan waktu yang tepat bagi kamu untuk mempertimbangkan investasi dalam crypto?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: