Bitcoin Mengalahkan Emas dan S&P 500: Kebangkitan Spektakuler di 2023!

author:

Bitcoin Mengalahkan Emas dan S&P 500: Kebangkitan Spektakuler di 2023!

Tahun 2023 menjadi tonggak sejarah bagi Bitcoin, yang tidak hanya pulih dari penurunan sebelumnya tetapi juga melampaui aset utama lainnya seperti emas dan S&P 500. Dengan kenaikan mencengangkan sebesar 144%, Bitcoin menunjukkan kekuatannya sebagai aset digital terdepan. Artikel ini akan membahas detail kinerja Bitcoin yang luar biasa ini.

Kenaikan Fenomenal Bitcoin

Dilansir dari Crypto News (1/1/24), Bitcoin mengalami kenaikan signifikan sebesar 144% di tahun 2023, menambahkan $530 miliar ke kapitalisasi pasarnya. Ini merupakan pemulihan yang solid dari penurunan 65% yang dialami pada tahun 2022. Kenaikan harga Bitcoin mencapai $25.506, dengan nilai tertinggi di $42.208 menurut data CoinMarketCap.

Baca juga: Terungkap! ETF Bitcoin Spot Bukan Penentu Harga BTC, Tapi Ini Dampak Besarnya!

Lebih lanjut, kinerja Bitcoin tidak hanya merupakan cerita pemulihan, tetapi juga cerita tentang bagaimana ia mengungguli kelas aset utama lainnya.

bitcoin ungguli emas
Sumber: X

Dibandingkan dengan emas yang hanya meningkat 14% dan S&P 500 yang naik 25%, Bitcoin menunjukkan dominasinya. Secara historis, sejak penciptaannya pada tahun 2009, Bitcoin konsisten mengungguli emas dan S&P 500, dengan pengecualian pada tahun 2022.

Faktor Pendukung Kenaikan Bitcoin

Memasuki tahun 2024, beberapa faktor tampaknya mendukung Bitcoin. Salah satu perkembangan kunci adalah persetujuan yang diantisipasi dari set pertama ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat, yang diharapkan secepatnya pada 10 Januari. Hal ini dapat membuka pintu bagi berbagai investor institusional, dengan pemain besar seperti Blackrock, Fidelity, dan VanEck menunjukkan minat pada BTC sebagai opsi investasi.

Selain itu, jaringan Bitcoin dijadwalkan untuk pemotongan pasokan pada April 2024. Acara ini, yang akan mengurangi penerbitan BTC dari 6,25 BTC per blok menjadi 3,125 BTC, diharapkan meningkatkan kelangkaan cryptocurrency. Secara historis, peristiwa pemotongan pasokan telah menjadi titik penting dalam siklus empat tahun Bitcoin, sering kali mengarah pada harga BTC yang mencapai rekor tertinggi baru.

Baca juga: ETF Bitcoin: Bitwise Memegang Keunggulan atas BlackRock Dengan Dana Awal $200 Juta

Prospek Bitcoin di Tahun Baru

harga bitcoin desember
Sumber: CryptoSlate

Memasuki tahun baru, prospek untuk Bitcoin dan para investornya dipenuhi dengan antisipasi dan potensi. Dengan berbagai faktor pendukung, termasuk persetujuan ETF Bitcoin spot dan pemotongan pasokan yang akan datang, Bitcoin tampaknya akan terus menjadi aset digital yang menarik. Kinerja luar biasa Bitcoin di tahun 2023 menetapkan nada yang optimis untuk tahun 2024.

Secara keseluruhan, kinerja Bitcoin di tahun 2023 menunjukkan ketahanan dan potensinya sebagai aset digital terdepan. Dengan mengungguli aset utama lainnya dan menunjukkan pemulihan yang kuat dari penurunan sebelumnya, Bitcoin telah membuktikan dirinya sebagai investasi yang layak dan menarik.

Bersama prospek yang cerah di tahun 2024, Bitcoin terus menarik perhatian investor dan pengamat pasar di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: