Gelombang Merah di Pasar Crypto: Bitcoin Jatuh, Apa Dampaknya?

Gelombang Merah di Pasar Crypto: Bitcoin Jatuh, Apa Dampaknya?

Bitcoin, mata uang digital terkemuka, baru-baru ini mengalami penurunan dramatis, menembus batas psikologis $40.000 untuk pertama kalinya dalam 48 hari. Penurunan ini memicu kepanikan di seluruh pasar crypto. Hanya dalam waktu dua hari, Bitcoin kehilangan lebih dari $4.000, turun dari puncaknya di atas $50.000.

Situasi ini berubah drastis ketika harga Bitcoin mulai merosot tajam. Dari posisi yang sebelumnya tampak bullish, Bitcoin mengalami penurunan hingga $49.000. Penurunan ini bukan hanya mempengaruhi Bitcoin, tetapi juga menyebabkan kerugian besar bagi para trader yang terlalu banyak meminjam atau leverage.

Dampak Domino ke Altcoins dan Pasar

Penurunan Bitcoin juga berdampak pada altcoins, dengan Ethereum turun di bawah $3.800 dan Solana anjlok lebih dari 7%. Pasar altcoin secara keseluruhan mengalami penurunan, dengan beberapa mata uang digital besar seperti Binance Coin, Cardano, dan Ripple juga mengalami penurunan nilai.

Baca Juga: Bitcoin Terjun Bebas, Apakah Grayscale Penyebabnya?

Kerugian ini tidak hanya terbatas pada mata uang digital besar. Altcoins dengan kapitalisasi pasar yang lebih kecil juga mengalami penurunan yang signifikan. Pasar crypto secara keseluruhan kehilangan sekitar $200 miliar dalam dua hari, menunjukkan betapa besarnya dampak dari penurunan Bitcoin ini.

Apa yang Dapat Kamu Harapkan Selanjutnya?

investor pasif adalah

Penurunan ini menimbulkan pertanyaan besar tentang masa depan pasar crypto. Apakah ini hanya koreksi sementara atau awal dari tren bearish yang lebih panjang? Para investor crypto dan trader di seluruh dunia kini harus lebih berhati-hati, mempertimbangkan risiko yang lebih tinggi dalam pasar yang sangat volatil ini.

Pasar crypto telah dikenal dengan fluktuasi harganya yang ekstrem. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap waspada dan tidak terlalu terburu-buru dalam membuat keputusan investasi. Mengikuti perkembangan pasar dan mendapatkan informasi terkini akan sangat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Baca Juga: Senator AS Berjuang untuk Kemajuan Tambang Bitcoin, Apa yang Terjadi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: