Bitcoin Terjun Bebas di Bawah $40.000, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

author:

Bitcoin Terjun Bebas di Bawah $40.000, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan penurunan harga Bitcoin yang signifikan, jatuh di bawah $40.000. Penurunan ini terjadi setelah persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin, menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor dan analis.

Mari kita selami lebih dalam apa yang terjadi dan dampaknya terhadap pasar crypto.

Penurunan Harga Bitcoin Pasca-Persetujuan ETF

Bitcoin mengalami penurunan hampir 20% sejak pengenalan ETF pertama yang langsung berinvestasi pada token tersebut pada 11 Januari. Pada hari peluncuran ETF, yang ditawarkan oleh entitas seperti BlackRock Inc. dan Fidelity Investments, aset digital ini melonjak menjadi $49.021.

Baca juga: Investasi Crypto Terpuruk, Pasar Alami Likuidasi Besar-Besaran Hingga $21 Juta!

Namun, per 23 Januari 2024, Bitcoin diperdagangkan pada $39.718, menandai penurunan 19% dari puncak yang dicapai pada hari ini.

Penurunan harga BTC ini menyebabkan likuidasi kuat di pasar crypto yang lebih luas, dengan total $225 juta dalam likuidasi terjadi dalam 24 jam terakhir. Dalam dua minggu terakhir, Bitcoin menghadapi tantangan yang timbul dari kondisi makroekonomi yang lebih menuntut, seperti kenaikan suku bunga dan dolar yang lebih kuat.

ETF Bitcoin Melihat Inflasi Kuat

etf bitcoin dominasi pasar
Sumber: CoinMarketCap

Analis Bloomberg melaporkan aktivitas perdagangan yang kuat dalam ETF Bitcoin spot AS, melampaui $2 miliar dalam volume perdagangan pada 22 Januari, dengan GBTC menyumbang lebih dari setengahnya ($1.013 miliar).

Volume perdagangan Fidelity melampaui BlackRock untuk hari kedua berturut-turut. Sekitar 35% dari aliran keluar GBTC menemukan jalannya ke sembilan ETF Bitcoin spot lainnya.

Data Lookonchain mengungkapkan bahwa iShares Bitcoin Trust dari BlackRock telah menerima aliran masuk yang substansial sebesar 4.808 BTC, setara dengan sekitar $194,4 juta, dari Coinbase Prime.

Saat ini, iShares Bitcoin Trust memegang total 33.431 BTC, bernilai sekitar $1,33 miliar.

Baca juga: Geger! Grayscale Jual Bitcoin Senilai $2,14 Miliar Pasca Persetujuan ETF Bitcoin

Dampak dan Proyeksi Pasar Crypto

Pengembangan ini bertepatan dengan dimulainya perdagangan untuk sembilan dana Bitcoin spot AS baru pada 11 Januari. Selain itu, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), yang mengelola aset senilai $22 miliar, beralih dari struktur tertutup menjadi ETF. Kelompok ini mengalami aliran masuk bersih sebesar $1,2 miliar dalam enam hari pertama transisi.

Di antara dana yang baru diluncurkan, iShares Bitcoin Trust dari BlackRock dan Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund muncul sebagai penerima utama minat investor yang meningkat, menangkap sebagian besar dari total aliran masuk. Sementara itu, dana Grayscale menyaksikan aliran keluar sebesar $2,8 miliar selama periode ini.

Secara keseluruhan, penurunan harga Bitcoin di bawah $40.000 setelah persetujuan ETF menandai momen penting dalam sejarah crypto. Dengan likuidasi yang signifikan dan perubahan dalam aliran masuk dan keluar dana, pasar crypto menghadapi ketidakpastian baru.

Investor dan analis sekarang menunggu untuk melihat bagaimana pasar akan bereaksi dan menyesuaikan diri dengan dinamika baru ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: