Bitcoin Terjun Bebas, Apakah Investor Harus Waspada?

Bitcoin Terjun Bebas, Apakah Investor Harus Waspada?

Keriuhan pasar crypto kembali menjadi sorotan setelah Bitcoin mengalami penurunan tajam hingga di bawah $40.000. Penyebab utama penurunan ini adalah penjualan besar-besaran oleh GBTC yang mempengaruhi sentimen investor crypto di seluruh pasar crypto. Apa yang akan terjadi selanjutnya dengan harga Bitcoin?

Aliran Dana Keluar dari Bitcoin

Pekan lalu, CoinShares melaporkan bahwa terjadi aliran dana keluar dari produk investasi Bitcoin institusional sebesar $24,7 juta. Hal ini menandakan penurunan minat investor institusional terhadap Bitcoin, yang berdampak pada penurunan harga di pasar.

Baca Juga: Bitcoin Terjun Bebas di Bawah $40.000, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Menurut laporan “Digital Asset Fund Flows Weekly” yang diterbitkan pada 22 Januari, volume perdagangan untuk ETF Bitcoin spot mencapai $11,8 miliar. Ini menunjukkan bahwa aktivitas produk yang diperdagangkan di bursa mendominasi aktivitas perdagangan keseluruhan saat ini.

Penurunan Harga Bitcoin Menjadi Sorotan

Penurunan Harga Bitcoin Menjadi Sorotan
TradingView

Harga Bitcoin anjlok di bawah $40.000 untuk pertama kalinya sejak 3 Desember 2023. Penurunan ini terjadi secara tiba-tiba dari harga $41.553 pada 22 Januari, dengan penurunan lebih dari 4,3% dalam 24 jam terakhir dan 9,3% selama 30 hari terakhir.

Penurunan harga Bitcoin ini terjadi bersamaan dengan keputusan mengejutkan dari SEC yang menyetujui 11 produk ETF Bitcoin spot di AS. Penjualan GBTC yang terkait dengan Grayscale telah disalahkan atas kejatuhan pasar ini.

Prospek Pasar Crypto Kedepannya

Dengan total kapitalisasi pasar crypto yang turun 3,4% menjadi $1,59 triliun dalam 24 jam terakhir, banyak yang bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya. Apakah ini merupakan kesempatan bagi investor untuk membeli di harga rendah atau awal dari tren penurunan yang lebih panjang?

Sementara itu, Ether (ETH) juga mengalami penurunan minat institusional dengan aliran keluar sebesar $13,6 juta pekan lalu. Ini menunjukkan bahwa tidak hanya Bitcoin, tetapi pasar crypto secara keseluruhan sedang mengalami tekanan.

Paragraf Penutup

Situasi pasar crypto saat ini menunjukkan bahwa volatilitas masih menjadi bagian tak terpisahkan dari investasi crypto. Investor disarankan untuk melakukan riset mendalam sebelum membuat keputusan investasi, mengingat setiap langkah perdagangan melibatkan risiko.

Baca Juga: Rusia Kalahkan Amerika Serikat dalam Keuntungan Penambangan Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi