Bitcoin Pecahkan Rekor! Hashrate Tembus 549 EH/s di Awal 2024

Bitcoin Pecahkan Rekor! Hashrate Tembus 549 EH/s di Awal 2024

Mengejutkan para pelaku pasar crypto, Bitcoin kembali mencatatkan sejarah dengan hashrate yang menembus angka tertinggi baru. Pada tanggal 6 Januari 2024, jaringan Bitcoin mencapai hashrate sebesar 549 exahash per detik (EH/s), sebuah pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Meskipun sempat mengalami penurunan pasca-25 Desember 2023, hashrate Bitcoin berhasil bangkit meski dihadapkan pada penurunan harga hash dan peningkatan kesulitan.

Rekor Hashrate yang Tak Terduga

Pada awal tahun yang baru, komunitas crypto dikejutkan dengan pencapaian hashrate Bitcoin yang mencapai 549 EH/s. Angka ini melampaui rekor sebelumnya yang tercatat pada hari Natal tahun 2023, dimana hashrate sempat mencapai 546 EH/s.

Penurunan yang terjadi setelah tanggal 25 Desember 2023, di mana hashrate turun menjadi 510 EH/s, tidak bertahan lama. Kenaikan hashrate ini terjadi meskipun ada peningkatan kesulitan dalam menambang Bitcoin dan penurunan harga hash.

Baca Juga: Bitcoin Torehkan Rekor Baru, Kesulitan Jaringan Meningkat 1,65%!

Hal ini menunjukkan bahwa para penambangan Bitcoin terus berinvestasi dalam peralatan penambangan yang lebih efisien dan canggih. Peningkatan ini juga menandakan kepercayaan yang kuat dari para penambang terhadap masa depan Bitcoin.

Dinamika Pasar dan Pengaruhnya

market bitcoin dominan
Sumber: Yahoo Finance

Pasar crypto Jepang menjadi salah satu yang merasakan dampak langsung dari lonjakan hashrate ini. Sebagai salah satu pasar crypto utama, Jepang mengalami peningkatan aktivitas penambangan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa penambang di Jepang tetap optimis meskipun menghadapi tantangan yang ada.

Peningkatan kesulitan menambang yang terjadi bersamaan dengan penurunan harga hash menunjukkan bahwa persaingan dalam penambangan Bitcoin semakin ketat.

Meskipun demikian, penambang tampaknya tidak terintimidasi dan terus menambah kapasitas penambangan mereka. Ini bisa menjadi indikator bahwa industri penambangan Bitcoin masih memiliki potensi pertumbuhan yang besar.

Implikasi untuk Masa Depan Bitcoin

Lonjakan hashrate ini bukan hanya sekedar angka, tetapi juga mencerminkan keamanan yang lebih tinggi untuk jaringan Bitcoin. Dengan hashrate yang lebih besar, jaringan menjadi lebih tahan terhadap serangan dan manipulasi. Ini adalah berita baik bagi investor dan pengguna Bitcoin yang menginginkan stabilitas dan keamanan dalam transaksi mereka.

Selain itu, pencapaian ini juga menunjukkan bahwa teknologi penambangan Bitcoin terus berkembang. Para penambang kini menggunakan peralatan yang lebih efisien, yang memungkinkan mereka untuk tetap menguntungkan meskipun hadapi tantangan seperti peningkatan kesulitan dan penurunan harga hash.

Ini menandakan bahwa industri penambangan Bitcoin masih memiliki banyak ruang untuk inovasi dan pertumbuhan.

Paragraf Penutup

Pencapaian hashrate Bitcoin yang baru ini menegaskan posisinya sebagai aset digital terdepan di dunia crypto. Dengan terusnya inovasi dan investasi dalam teknologi penambangan, masa depan Bitcoin tampak semakin cerah. Para penambang dan investor crypto dapat menarik napas lega, mengetahui bahwa jaringan yang mereka dukung semakin kuat dan efisien.

Baca Juga: Misteri Bangkitnya Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi