Bitcoin Hashrate Mencapai Puncak Baru, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Bitcoin Hashrate Mencapai Puncak Baru, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Dalam dunia yang semakin digital, Bitcoin terus menunjukkan kekuatannya. Meski menghadapi Bitcoin halving reward penambangan dan volatilitas pasar, hashrate Bitcoin mencapai rekor baru. Berikut adalah apa yang perlu kamu ketahui.

Hashrate Bitcoin Mencapai Tingkat Tertinggi

Hashrate Bitcoin telah mencapai rekor baru, mencapai 440 exahash per detik (EH/s) berdasarkan rata-rata bergerak sederhana (SMA) tujuh hari pada 8 Oktober 2023. Lonjakan kekuatan penambangan ini terjadi di tengah hitungan mundur menuju Bitcoin halving berikutnya, yang diperkirakan terjadi sekitar 197 hari lagi, sekitar 25 April 2024.

Baca Juga: Para Ahli Ungkap Strategi Trading dan Prediksi Harga Bitcoin Setelah Halving

Meski demikian, beberapa proyeksi menunjukkan bahwa hal itu bisa terjadi lebih awal. Dengan kurang dari 200 hari tersisa dan 28.468 blok hingga halving reward, para penambang sedang mempersiapkan diri untuk hadiah mereka dipotong menjadi setengah dari 6,25 Bitcoin per blok menjadi 3,125 Bitcoin.

Pengurangan hadiah ini, yang dihasilkan dari Bitcoin halving yang dirancang untuk membatasi pasokan crypto dan mengekang inflasi, akan berdampak signifikan pada pendapatan penambang, mengarah pada penurunan 50%.

Penambang Bitcoin Tetap Bertahan

ath baru bitcoin halving 2024

Meski menghadapi tantangan yang akan datang, hashrate jaringan Bitcoin melonjak, menunjukkan komitmen dan keterlibatan penambang yang terus berlanjut. Puncak baru ini terjadi bahkan ketika tingkat kesulitan jaringan mencapai rekor 57,32 triliun, setelah peningkatan kesulitan 0,35% pada tinggi blok 810.432.

Variasi dalam tanggal proyeksi halving reward disebabkan oleh interval blok yang kadang-kadang jatuh di bawah rata-rata 10 menit. Variasi ini telah memicu dua penyesuaian kesulitan. Interval blok terbaru yang dicatat adalah 8 menit dan 2 detik, dan prediksi menunjukkan peningkatan kesulitan lainnya antara 3,71% dan 5,8% pada 16 Oktober 2023.

Bitcoin Menghadapi Tantangan

Mining Bitcoin saat ini menghadapi pengurangan pendapatan per petahash, dengan tarif sedikit di atas $61 per hari. Penurunan ini sebagian disebabkan oleh penurunan harga pasar spot Bitcoin, yang dipengaruhi oleh meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan penurunan yang sesuai di pasar saham AS dan Eropa.

Selain itu, jaringan Bitcoin telah mengalami penurunan transaksi harian sejak 23 September, yang dipicu oleh penurunan inskripsi harian, yang mengarah pada pengurangan pendapatan biaya untuk penambang.

Paragraf Penutup

Meski menghadapi tantangan ini, penambangan Bitcoin telah berhasil membersihkan mempool yang sebelumnya macet dengan lebih dari 500.000 transaksi yang belum dikonfirmasi.

Namun, transaksi yang diprioritaskan seringkali menarik biaya yang lebih rendah dari median atau rata-rata harian, menunjukkan tantangan yang sedang dihadapi oleh penambang di tengah volatilitas pasar dan menjelang acara Bitcoin halving yang akan datang.

Baca Juga: Hanya 50.000 Blok Lagi Menuju ‘Halving’ Bitcoin, Saatnya Harga Bitcoin Melambung?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi