Bitcoin Halving: Sinyal ‘Buy’ yang Tak Boleh Dilewatkan Investor, Ini Analisanya!

Bitcoin Halving: Sinyal ‘Buy’ yang Tak Boleh Dilewatkan Investor, Ini Analisanya!

Jakarta, Pintu News – Dengan pendekatan halving Bitcoin pada 20 April, komunitas crypto di seluruh dunia menantikan peristiwa empat tahunan ini yang akan memotong hadiah penambangan menjadi setengah, menjadi 3.125 BTC per blok. Kejadian ini terjadi di tengah tren bullish harga Bitcoin, membuat para analis berspekulasi tentang dampak signifikan halving terhadap trajektori Bitcoin dalam beberapa tahun mendatang.

Apakah Ini Waktu Terbaik untuk Membeli Bitcoin?

bitcoin inflation rate
Harga Bitcoin dan Tingkat Inflasi. Sumber: IntoTheBlock

Bitcoin mengalami lonjakan sebesar 67% pada kuartal pertama tahun 2024, didorong terutama oleh permintaan yang meningkat untuk Bitcoin exchange-traded funds (ETFs). Pertumbuhan harga yang substansial ini memicu diskusi tentang dampak potensial dari halving Bitcoin.

Beberapa analis berpendapat bahwa Bitcoin masih undervalued dan memprediksi potensi kenaikan hingga $100.000 dalam tahun ini. Kinerja aset yang luar biasa sejauh ini, ditambah dengan pemotongan suku bunga yang diantisipasi dari Federal Reserve, membuat proyeksi ini tampak masuk akal.

Baca Juga: Mungkinkah Bitcoin (BTC) Turun ke $50.000?

Pandangan Beragam tentang Halving

perubahan harga bitcoin halving
Perubahan Harga Bitcoin Halving. Sumber: IntoTheBlock

Di satu sisi, ada pandangan bahwa pasar telah memperhitungkan halving. Namun, dengan pasokan Bitcoin yang akan berkurang dan permintaan yang didorong oleh Bitcoin ETF terus meningkat, beberapa melihat momen ini sebagai kesempatan yang tepat untuk investasi Bitcoin.

Peneliti di NYDIG berpendapat bahwa dampak halving terhadap harga mungkin marginal dibandingkan dengan pengaruh permintaan ETF. Namun, data historis mengungkapkan peningkatan persentase yang menurun setelah setiap halving, menunjukkan pola yang mungkin terulang kali ini.

Baca Juga: Harga Bitcoin Tercatat Stabil Sebelum Data CPI Maret dan Rapat FOMC

Dampak pada Profitabilitas Penambang

Efek utama dari peristiwa ini akan terlihat pada profitabilitas penambang di tengah meningkatnya biaya energi. Namun, wawasan dari IntoTheBlock menunjukkan bahwa pendapatan penambang, diukur dalam USD, saat ini berada pada puncaknya, didorong oleh nilai Bitcoin yang meningkat. Jika halving menyebabkan apresiasi nilai lebih lanjut, pengurangan hadiah mungkin memiliki dampak yang dapat diabaikan pada penambang.

Kesimpulan

Meskipun dampak langsung halving terhadap harga BTC mungkin masih diperdebatkan, ada konsensus luas bahwa peristiwa ini penting untuk menetapkan panggung untuk siklus harga masa depan.

Namun, efek utama dari peristiwa ini akan terlihat pada profitabilitas penambang di tengah meningkatnya biaya energi. Dengan semua faktor ini dipertimbangkan, halving Bitcoin tampaknya menjadi sinyal beli yang menarik bagi investor yang mencari kesempatan untuk memperkuat posisi mereka di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: