Bitcoin Halving: Pengguna Bitcoin Habiskan $2,4 Juta untuk Biaya Transaksi!

Bitcoin Halving: Pengguna Bitcoin Habiskan $2,4 Juta untuk Biaya Transaksi!

Jakarta, Pintu News – Peristiwa halving Bitcoin keempat telah mencatat sejarah sebagai blok yang paling mahal yang pernah ditambang dalam sejarah Bitcoin. Pengguna Bitcoin berbondong-bondong untuk mencatatkan aset langka mereka melalui Protokol Rune yang baru.

Pengguna Bitcoin telah menghabiskan 37,7 Bitcoin (BTC) yang nilainya setara dengan $2,4 juta untuk mendapatkan bagian dari ruang terbatas pada blok halving Bitcoin keempat.

Biaya Transaksi Pecahkan Rekor

Biaya Transaksi Pecahkan Rekor
Mempool.space

Pada tanggal 20 April pukul 12:09 UTC, penambang Bitcoin ViaBTC memproduksi blok ke-840.000, yang memicu protokol otomatis yang memotong hadiah penambang hingga 50% dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC per blok. Blok 840.000 dengan cepat menjadi bagian properti digital yang paling dicari dalam sejarah Bitcoin dengan pengguna menghabiskan total 37,67 BTC untuk biaya transaksi.

Baca Juga: Harga Saham Penambang Bitcoin Meroket Jelang Halving!

Termasuk subsidi penambang sebesar 3,125 BTC, total 40,7 BTC senilai $2,6 juta dibayarkan kepada penambang Bitcoin ViaBTC untuk memproduksi blok halving. Biaya transaksi yang memecahkan rekor ini disebabkan oleh para spekulan yang berlomba-lomba untuk mencatatkan dan mengukir satoshi langka pada blok halving.

Sebagian besar aktivitas ini berasal dari hiruk-pikuk aktivitas pada Protokol Rune baru yang dibuat oleh kreator Bitcoin Ordinals, Casey Rodmarmor, yang diluncurkan bersamaan dengan halving.

Protokol Rune: Cara Baru Membuat Token di Bitcoin

Rune telah dipasarkan sebagai cara yang lebih efisien untuk membuat token baru di jaringan Bitcoin jika dibandingkan dengan standar token BRC-20. Sama seperti BRC-20, Rune memanfaatkan jaringan Bitcoin dan membayar biaya transaksi dalam Bitcoin untuk membuat token baru.

Namun, perbedaan utama antara Rune dan BRC-20 adalah Rune menggunakan model Unspent Transaction Output (UTXO) untuk “mengukir” token baru di Bitcoin. Dalam sebuah posting pada tanggal 20 April di Twitter, pengembang Ordinals anonim, Leonidas, mengklaim bahwa biaya transaksi pada lima blok Bitcoin terbaru setelah blok 840.000 telah melampaui hadiah Coinbase.

“Spekulan Rune telah sendirian mengimbangi penurunan hadiah penambang dari halving,” tulis Leonidas. Total biaya transaksi sebesar $3,82 juta, tidak termasuk subsidi penambang, dihabiskan untuk lima blok setelah halving, menurut data agregat dari mempool.space.

Perburuan Satoshi Epik

Di luar pertempuran untuk mencatatkan salah satu Rune pertama, kumpulan penambangan Bitcoin juga berlomba untuk mendapatkan apa yang dikenal sebagai satoshi “epik”.

Satoshi epik adalah satoshi pertama, denominasi Bitcoin terkecil, yang ditambang pada blok halving. Pada tanggal 15 April, Trevor Owens, mitra pengelola di The Bitcoin Frontier Fund menulis bahwa ia bersedia memberikan hadiah antara $500.000 dan $1 juta untuk “membeli” blok Bitcoin pertama.

Reaksi Pasar terhadap Halving Bitcoin

Reaksi Pasar terhadap Halving Bitcoin

Di tengah kekacauan, pedagang anonim Hsaka memposting meme yang menyimpulkan sebagian besar sentimen yang lebih luas terhadap peristiwa halving – momen perayaan singkat diikuti oleh segera kembali ke bisnis seperti biasa.

Kritikus Bitcoin yang blak-blakan, Peter Schiff, juga turun ke Twitter untuk menyindir para penganut Bitcoin di tengah peristiwa halving. “Saya pikir halving adalah nama yang tepat untuk apa yang terjadi karena HODLer Bitcoin akan mengalami halving dari kekayaan bersih mereka,” kata Schiff.

Penutup

Peristiwa halving Bitcoin keempat telah berlalu, meninggalkan dampak yang signifikan pada jaringan Bitcoin dan industri penambangan Bitcoin. Pengguna Bitcoin menghabiskan biaya transaksi yang memecahkan rekor untuk mencatatkan aset langka mereka pada blok halving, sementara penambang Bitcoin menghadapi tantangan untuk mempertahankan profitabilitas mereka di tengah hadiah penambangan yang berkurang.

Meskipun demikian, halving Bitcoin juga telah memicu inovasi dan pengembangan teknologi baru, seperti Protokol Rune, yang membuka kemungkinan baru untuk membuat token di jaringan Bitcoin.

Baca Juga: Market Sempat Flash Dump, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/4/24)?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi