Pencarian ‘Bitcoin Halving” di Google Capai Titik Tertinggi Sepanjang Masa

author:

Pencarian ‘Bitcoin Halving” di Google Capai Titik Tertinggi Sepanjang Masa

Jakarta, Pintu News – Pencarian di Google untuk istilah “Bitcoin halving” telah melonjak ke titik tertinggi sepanjang masa, dengan data prediksi menunjukkan lebih dari dua kali lipat dibandingkan halving terakhir pada tahun 2020. Hal ini menunjukkan peningkatan minat yang signifikan terhadap peristiwa penting dalam dunia cryptocurrency tersebut.

Pencarian Google untuk “Bitcoin Halving” Mencapai Puncak

volume pencarian bitcoin halving di google

(Google Trends)

Menurut data Google Trends, minat pencarian untuk istilah “Bitcoin halving” telah mencapai skor 82 (dalam rentang waktu 1 tahun terakhir, di Indonesia), dengan Google memperkirakan akan mencapai skor 100 pada akhir bulan ini. Nilai 100 menunjukkan “popularitas puncak” untuk istilah tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang mencari informasi tentang Bitcoin halving, menunjukkan meningkatnya kesadaran dan minat terhadap peristiwa tersebut.

Baca juga: Bitcoin: Analisis Menyeluruh tentang Prospek Harga BTC April 2024

Negara-negara dengan Minat Tertinggi terhadap Bitcoin Halving

Google Trends menunjukkan bahwa minat terbesar terhadap Bitcoin halving berasal dari Nigeria, Belanda, Swiss, dan Siprus. Hal ini menunjukkan bahwa negara-negara tersebut memiliki komunitas cryptocurrency yang kuat dan antusias terhadap perkembangan terbaru dalam dunia Bitcoin.

minat pencarian bitcoin halving tertinggi di dunia

(Google Trends)

Sementara itu di Indonesia, minat pencarian tertinggi berada di wilayah Bali, Jakarta, disusul oleh Riau, Banten dan Aceh.

minat pencarian bitcoin halving tertinggi di indonesia

(Google Trends)

Bitcoin Halving: Imbalan Penambang Berkurang Setengah

Bitcoin halving mengacu pada peristiwa ketika hadiah yang dibayarkan kepada penambang Bitcoin dipotong setengah. Pada halving kali ini, hadiah blok akan berkurang dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC. Halving diperkirakan akan terjadi sekitar pukul 04.00 UTC pada tanggal 20 April 2024 atau 22.00 WIB pada tanggal 19 April 2024, menurut penghitung waktu mundur Cointelegraph.

Bitcoin Alami Penurunan Harga Jelang Halving

Meskipun minat terhadap Bitcoin halving meningkat, harga Bitcoin justru mengalami penurunan dalam beberapa minggu terakhir. Bitcoin memulai tahun ini dengan harga $42.200 dan melonjak 74% untuk mencapai rekor tertinggi baru di $73.600 pada tanggal 13 Maret 2024.

Namun, sejak saat itu harga Bitcoin cenderung menurun dan diperdagangkan secara konsisten lebih rendah sejak pertengahan Mei. Per 18 April, Bitcoin diperdagangkan pada harga $61.078, turun 17% dari rekor tertingginya.

Baca juga: Bitcoin: Halving dan Dampaknya pada Penambangan

Analis Prediksi Kenaikan Harga Bitcoin Pasca Halving

Meskipun sentimen pasar sedang negatif, beberapa analis pasar telah menunjukkan pola historis pergerakan harga Bitcoin untuk menunjukkan bahwa Bitcoin dapat mengalami kenaikan yang signifikan dalam beberapa bulan setelah halving. Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa pengurangan hadiah penambangan akan mengurangi pasokan Bitcoin di pasar, sehingga meningkatkan permintaan dan mendorong harga naik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi