Bitcoin Halving: Dampaknya pada Harga dan Penambangan

Bitcoin Halving: Dampaknya pada Harga dan Penambangan

Jakarta, Pintu News – Bitcoin baru saja mengalami peristiwa halving keempatnya, di mana hadiah yang diterima oleh para penambang berkurang dari 6,25 Bitcoin menjadi 3,125 Bitcoin. Peristiwa ini telah lama dinantikan oleh para investor crypto dan penambang, karena berpotensi mempengaruhi harga Bitcoin dan industri penambangan.

Dampak Halving terhadap Harga Bitcoin

Secara mekanis, halving itu sendiri tidak akan mempengaruhi harga Bitcoin dalam jangka pendek. Namun, banyak investor memperkirakan akan terjadi kenaikan harga yang signifikan dalam beberapa bulan ke depan, berdasarkan kinerja mata uang crypto tersebut setelah halving sebelumnya. Setelah halving pada tahun 2012, 2016, dan 2020, harga Bitcoin masing-masing naik sekitar 93x, 30x, dan 8x, dari harga hari halving hingga puncak siklusnya.

Baca Juga: Pengacara Pro-XRP Lakukan Ini Pada Pelanggan Coinbase, Apa Pengaruhnya Bagi Harga XRP?

Namun, analis JPMorgan, Reginald Smith, memperingatkan bahwa halving dapat memicu gelombang konsolidasi dan penutupan bisnis di industri penambangan Bitcoin. Hal ini karena pendapatan industri akan berkurang setengahnya, sehingga hanya penambang dengan biaya rendah dan skala besar yang dapat bertahan.

Pergerakan Saham Penambangan Bitcoin

Pergerakan Saham Penambangan Bitcoin
Farside

Saham-saham perusahaan penambangan Bitcoin mengalami volatilitas menjelang peristiwa halving. Banyak saham yang turun hingga dua digit pada tahun ini, setelah sebelumnya mengalami reli antara sekitar 300% hingga 600% pada tahun 2023. Riot Platforms, misalnya, turun sekitar 41% pada tahun 2024 hingga penutupan hari Jumat, tetapi melonjak 356% pada tahun 2023.

Analis Bernstein, Gautam Chhugani, mengatakan bahwa pasar sejauh ini melihat saham penambangan Bitcoin sebagai proksi BTC, karena tidak adanya ETF Bitcoin. Halving akan semakin membedakan antara penambang dengan biaya rendah dan skala besar yang menguntungkan dengan penambang kecil lainnya yang mungkin dirugikan setelah halving.

Prediksi Harga Bitcoin Pasca Halving

Beberapa analis memperkirakan harga Bitcoin akan turun dalam jangka pendek setelah halving, karena kondisi overbought dan harga yang masih di atas perbandingan mata uang crypto tersebut dengan emas ketika disesuaikan dengan volatilitas.

Namun, mereka juga memperkirakan harga Bitcoin akan tetap tinggi dalam jangka panjang, didorong oleh faktor-faktor seperti persetujuan ETF Ethereum spot di masa depan, pemotongan suku bunga bank sentral, dan perkembangan regulasi.

Penutup

Peristiwa halving Bitcoin keempat telah terjadi dan berpotensi mempengaruhi harga Bitcoin serta industri penambangan. Meskipun secara mekanis tidak langsung mempengaruhi harga, banyak investor berharap akan terjadi kenaikan harga yang signifikan dalam beberapa bulan ke depan.

Namun, analis memperingatkan bahwa halving dapat memicu konsolidasi dan penutupan bisnis di industri penambangan, sehingga hanya penambang dengan biaya rendah dan skala besar yang dapat bertahan.

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024: Siap-siap Hadapi Siklus Bullish Terbesar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi