Bitcoin Halving 2024: Ini 5 Siklus Potensial yang Perlu Diperhatikan!

author:

Bitcoin Halving 2024: Ini 5 Siklus Potensial yang Perlu Diperhatikan!

Dunia crypto kembali dihebohkan dengan mendekatnya peristiwa Bitcoin Halving. Peristiwa ini, yang hanya terjadi setiap beberapa tahun sekali, telah menjadi topik hangat di kalangan investor dan analis.

Dengan hanya sekitar 100 hari menjelang halving, banyak yang terfokus pada potensi persetujuan produk Bitcoin Exchange Traded Fund (ETF) oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Namun, ada lebih banyak cerita yang tersembunyi di balik hype ini.

Siklus Penting Bitcoin Halving

Pakar pasar crypto terkemuka, Rekt Capital, telah mengungkapkan siklus kunci Bitcoin Halving yang perlu diwaspadai.

Baca juga: Bitcoin Mengalahkan Emas dan S&P 500: Kebangkitan Spektakuler di 2023!

Siklus pertama, yang disebut periode Pra-Halving, merupakan 100 hari terakhir menjelang halving. Di periode ini, Rekt Capital percaya bahwa akan ada kesempatan terakhir untuk membeli dengan harga murah, karena setiap penurunan harga akan diikuti oleh keuntungan besar pasca-halving.

Siklus kedua adalah “Rally Pra-Halving” yang akan dimulai sekitar 60 hari setelah halving. Dalam siklus ini, beberapa investor akan “Membeli Hype” untuk “Menjual Berita.” Kelompok ini akan memicu retracement pertama pasca-halving dengan mengambil keuntungan mereka sebelum peristiwa tersebut.

Dampak ETF Bitcoin

bitcoin etf
Sumber: U Today

Sementara siklus yang dijelaskan oleh Rekt Capital terlihat relevan, persetujuan ETF Bitcoin yang mungkin terjadi bisa mengubah narasi ini. Jika persetujuan diberikan dalam beberapa minggu ke depan, seperti yang diperkirakan, penerimaan institusional dan likuiditas yang mengalir ke pasar mungkin akan menginvalidasi beberapa siklus, terutama retracement Pra-Halving dan fase re-akumulasi.

Saat penulisan (1/1/24), harga Bitcoin berada di $42.834,13, naik 0,53% dalam 24 jam terakhir. Perubahan ini menunjukkan dinamika pasar yang terus berubah dan potensi dampak besar dari persetujuan ETF Bitcoin.

Baca juga: Harga Bitcoin (BTC) Sentuh Rp700 Juta Hari Ini! Apa Faktor Utamanya?

Masa Depan Pasca-Halving

Setelah periode retracement Pra-Halving, akan ada fase re-akumulasi yang mungkin mirip dengan musim dingin crypto. Fase ini mungkin tidak menunjukkan hasil signifikan untuk waktu yang lama.

Namun, fase terakhir yang disebut “Parabolic Uptrend” akan sangat berharga. Dampak sebenarnya dari halving akan terlihat sepenuhnya dalam fase ini, menandai era baru bagi Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, Bitcoin Halving bukan hanya tentang penurunan pasokan; ini adalah momen yang menentukan bagi seluruh ekosistem crypto. Dengan mata dunia tertuju pada peristiwa ini, kita hanya bisa menunggu dan melihat bagaimana pasar akan bereaksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: