Bitcoin Halving Belum Sepenuhnya Diperhitungkan di Pasar, Ini Analisanya!

Bitcoin Halving Belum Sepenuhnya Diperhitungkan di Pasar, Ini Analisanya!

Pasar mata uang kripto masih belum memperhitungkan dampak dari peristiwa halving Bitcoin yang akan datang, meskipun mata uang kripto terbesar di dunia itu baru saja mencapai rekor tertinggi sepanjang masa. Demikian pernyataan Basile Maire, salah satu pendiri bursa terdesentralisasi D8X dan mantan direktur eksekutif di UBS, dalam wawancara eksklusif dengan Cointelegraph. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Capai Rekor Tertinggi, Tapi Halving Belum Diperhitungkan

Bitcoin berhasil menembus level $71.000 untuk pertama kalinya pada tanggal 11 Maret, sekitar 37 hari sebelum peristiwa halving Bitcoin yang akan datang, yang akan memangkas hadiah blok dari 6,25 BTC per blok menjadi 3,125 BTC per blok. Menurut Maire, data futures Bitcoin menunjukkan bahwa orang-orang memperkirakan Bitcoin akan naik hingga mencapai tonggak $100.000 pada bulan Mei.

Namun, ia juga menekankan bahwa lintasan harga Bitcoin akan sangat dipengaruhi oleh pemilihan presiden mendatang di Amerika Serikat, yang diperkirakan akan menjadi katalis positif secara keseluruhan bagi pasar mata uang kripto.

Baca Juga: Bitcoin Halving Sebulan Lagi, Apa yang Harus Diperhatikan?

Peran ETF Bitcoin dalam Kenaikan Harga

Selain antisipasi terhadap halving, aliran masuk yang dihasilkan oleh exchange-traded funds (ETF) Bitcoin spot di Amerika Serikat juga telah menjadi komponen signifikan dalam reli Bitcoin ke level tertinggi baru. Hal ini diungkapkan oleh Sergei Gorev, seorang manajer risiko di platform fintech YouHodler, kepada Cointelegraph.

ETF Bitcoin spot mencapai total kepemilikan on-chain sebesar $60,5 miliar pada tanggal 13 Maret. Jika aliran masuk selama dua minggu terakhir terus berlanjut pada tingkat yang sama, ETF Bitcoin diproyeksikan akan menyerap 8,82% dari pasokan BTC setiap tahun, menurut data Dune.

Baca Juga: Bitcoin Capai ATH Baru, Bagaimana Prospeknya?

Dampak Halving pada Harga Bitcoin

Peristiwa halving Bitcoin yang akan datang diperkirakan akan memiliki dampak yang signifikan terhadap harga Bitcoin. Hal ini disebabkan karena halving akan mengurangi pasokan Bitcoin yang tersedia di pasar, sehingga meningkatkan kelangkaannya dan berpotensi mendorong kenaikan harga.

Namun, perlu dicatat bahwa pasar mata uang kripto sangat fluktuatif dan tidak dapat diprediksi dengan pasti. Oleh karena itu, investor harus selalu berhati-hati dan melakukan riset sebelum melakukan investasi dalam mata uang kripto.

Kesimpulan

Pasar mata uang kripto masih belum sepenuhnya memperhitungkan dampak dari peristiwa halving Bitcoin yang akan datang. Meskipun Bitcoin baru saja mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, masih ada potensi kenaikan harga yang signifikan setelah halving terjadi. Namun, investor harus tetap berhati-hati dan melakukan riset sebelum melakukan investasi dalam mata uang kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi