Bitcoin Halving 2024: Bagaimana Investor Crypto Dapat Mempersiapkan Diri?

Bitcoin Halving 2024: Bagaimana Investor Crypto Dapat Mempersiapkan Diri?

Bitcoin akan segera mengalami halving berikutnya, dan para investor bersiap menghadapi volatilitas harga yang telah menjadi ciri khas peristiwa tersebut. Halving Bitcoin terakhir membuat indeks volatilitas Bitcoin (BTC) melampaui 9%.

Sejauh ini, telah terjadi tiga kali halving – pada tahun 2012, 2016, dan 2020 – dengan halving berikutnya diperkirakan akan terjadi pada pertengahan April. Meskipun investor crypto yang memegang Bitcoin tidak perlu melakukan apa pun, dampaknya terhadap pasar dapat sangat berarti bagi mereka dan aset tersebut sebagai instrumen investasi ritel.

Mengelola Ekspektasi

Mengelola Ekspektasi
dcaBTC

Siklus rollercoaster Bitcoin dapat menggoda investor yang mencari keuntungan jangka pendek. Di pasar ekuitas, analis sering mengatakan bahwa “waktu di pasar mengalahkan waktu pasar,” dan hal yang sama dapat dikatakan tentang Bitcoin. Umumnya tidak disarankan untuk mencoba mengatur waktu pasar dalam ruang Bitcoin.

Baca Juga: Harga ONDO Siap Melonjak ke $1? Gelombang Baru Investor Mengguncang Pasar!

Strategi yang disarankan adalah dollar-cost averaging, yang berarti membeli Bitcoin dalam jumlah kecil dan tetap secara teratur, terlepas dari harganya. Kate Lifshits menyarankan investor untuk melakukan riset sendiri dan mendekati dengan hati-hati, mendiversifikasi portofolio mereka, dan mengelola risiko secara efektif.

Investor yang cerdas tahu untuk melihat melampaui sensasi seputar Bitcoin dan mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat memengaruhi harganya, termasuk inflasi, tren ekonomi makro, dan teknologi yang mendasari jaringan.

Inflasi, Suku Bunga, dan Kapitalisasi Bitcoin $1 Triliun

Bitcoin masih merupakan komoditas yang relatif kecil dibandingkan dengan kelas aset lain seperti ekuitas atau pendapatan tetap dan tidak kebal terhadap faktor ekonomi makro global seperti inflasi dan suku bunga. Investor beralih ke aset seperti Bitcoin karena inflasi yang terus-menerus tinggi, betapa mudahnya aset ini diakses, dan kemampuannya untuk bertindak sebagai penyimpan nilai.

Kesehatan keseluruhan di pasar ekuitas, ditambah dengan peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa crypto Bitcoin spot di Amerika Serikat, dapat mendukung kenaikan harga BTC baru-baru ini. Sebagian dari apa yang menarik investor ke Bitcoin adalah perlindungan internalnya terhadap inflasi.

Masa Depan Keuangan

Masa depan Bitcoin dan industri yang mendukungnya akan ditentukan oleh dampak jangka panjang dari peristiwa halving. Halving secara historis mewakili kejutan signifikan bagi pasokan Bitcoin.

Investor tidak boleh fokus pada implikasi jangka pendek dari peristiwa ini tetapi harus beralih untuk memahami mengapa Bitcoin telah mendapatkan begitu banyak perhatian sejak pertama kali diluncurkan. Halving Bitcoin yang akan datang adalah pengingat akan daya tarik inti Bitcoin sebagai aset yang langka dan terdesentralisasi.

Baca Juga: Bank BRICS Siap Kucurkan Pinjaman $5 Miliar di Tahun 2024

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi