Bitcoin Fisik Senilai Lebih dari $1 Juta Hadir di Rumah Lelang, Seperti Apa Bentuknya?

Bitcoin Fisik Senilai Lebih dari $1 Juta Hadir di Rumah Lelang, Seperti Apa Bentuknya?

Rumah lelang Stack’s Bowers Galleries dan Heritage Auctions menghadirkan “mata uang kripto fisik” sebagai bagian dari pameran mendatang mereka, menyoroti minat kolektor terhadap koin nyata yang mewakili aset digital populer.

James McCartney, Direktur Penitipan dan Numismatik di Stack’s Bowers Galleries, mengatakan kepada Cryptonews bahwa galeri tersebut baru-baru ini mengumumkan “Penjualan Pembagian Dua Bitcoin,” yang akan ditampilkan sebagai bagian dari Lelang Pameran Musim Semi 2024 mereka.

McCartney mengatakan bahwa Penjualan Pembagian Dua Bitcoin akan terdiri dari lebih dari 200 koin mata uang kripto fisik dengan nilai pasar gabungan lebih dari $1 juta (semua nilai berdasarkan nilai BTC $60.000). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Konsep di Balik Bitcoin Fisik

konsep di balik bitcoin fisik
Sumber: Akun X Charlie Shrem

Menurut McCartney, Bitcoin fisik pada dasarnya adalah dompet dingin yang menyerupai mata uang kripto tertentu. Ia menambahkan bahwa beberapa koleksi fisik ini dapat berisi alamat publik yang unik untuk setiap koin, yang mungkin diisi dengan mata uang kripto pada saat dijual.

Sam Spiegel, Direktur Numismatik Internasional di Heritage Auctions, menyebutkan bahwa mata uang kripto fisik dari koleksi Casascius kini telah menjadi langka, menarik minat para kolektor koin dan penggemar kripto.

Mengingat meningkatnya minat ini, McCartney menunjukkan bahwa kolektor lama Stack’s Bowers mulai memperhatikan koleksi mata uang kripto fisik setelah berfokus pada koin langka tradisional selama bertahun-tahun atau puluhan tahun.

Baca Juga: Tesla dan SpaceX Elon Musk Ketahuan Punya Bitcoin Senilai $1,3 Miliar!

Bitcoin Fisik Dijual Lebih Mahal dari Nilai Pasar BTC

bitcoin fisik lebih mahal
2012 Casascius “Bitnickel” 5 Bitcoin. Seri 2. MS-66 (PCGS). Sumber: Galeri Bowers Stack’s Bowers

Sementara konsep mata uang kripto fisik mungkin menarik bagi sekelompok kolektor tertentu, menarik untuk dicatat bahwa beberapa koleksi ini dijual dengan harga lebih tinggi daripada nilai pasar mata uang kripto.

Matthew Weller, Kepala Riset Global di StoneX, menyebutkan bahwa mengingat korelasi positif antara Emas dan Bitcoin, mungkin masuk akal bagi beberapa investor untuk membayar sedikit premi untuk mata uang kripto fisik.

Meskipun mata uang kripto fisik mungkin menarik terutama bagi para kolektor, aset nyata ini dapat membantu mendorong adopsi arus utama jika konsepnya berhasil. Misalnya, Spiegel menyebutkan bahwa ia percaya koin-koin ini memperluas daya tarik mata uang kripto. Weller menambahkan bahwa kemungkinan ada investor yang ingin memiliki sebagian mata uang kripto dalam portofolio mereka, namun mungkin lebih nyaman memiliki sesuatu yang nyata.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi