Ledakan Investasi Crypto! Bitcoin Mendominasi, Ethereum dan Solana Masih Jadi Sorotan!

Ledakan Investasi Crypto! Bitcoin Mendominasi, Ethereum dan Solana Masih Jadi Sorotan!

Investasi dalam aset crypto baru-baru ini mencatatkan angka tertinggi sejak Juli 2023. Dengan total aliran masuk mencapai $78 juta dalam dua minggu berturut-turut, pasar crypto tampaknya kembali bangkit. Namun, di balik dominasi Bitcoin, beberapa crypto lain mulai menunjukkan potensinya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Masih Mendominasi

bitcoin mendominasi
Sumber: VOI

Bitcoin, tanpa keraguan, masih menjadi pilihan utama bagi investor dengan aliran masuk sebesar $43 juta dalam satu minggu terakhir. Namun, meskipun Bitcoin mendominasi, beberapa investor melihat kekuatan harga baru-baru ini sebagai kesempatan untuk menambah posisi short Bitcoin.

Volume perdagangan untuk produk terkait bursa crypto (ETPs) melonjak sebesar 37%, mencapai $1,13 miliar. Ini menunjukkan bahwa minat pada aset crypto tidak hanya terbatas pada Bitcoin tetapi juga pada produk terkait lainnya.

Meskipun demikian, 90% dari total aliran masuk berasal dari Eropa, sementara Amerika Serikat dan Kanada hanya menerima aliran masuk sebesar $9 juta. Ini menunjukkan adanya perbedaan sentimen yang signifikan antara pasar Eropa dan Amerika Utara.

Baca Juga: Bitcoin BEP-2 (BTCB): Rahasia di Balik Bitcoin Versi Binance yang Harus Kamu Ketahui!

Ethereum ETFs: Harapan Besar, Respon Pasar yang Tepid

etf ethereum
Sumber: Cryptonews

Peluncuran ETF berbasis futures Ethereum di AS menjadi momen penting bagi investor Ethereum. Namun, respons investor terhadap produk ini tampaknya kurang antusias dengan aliran masuk kurang dari $10 juta dalam minggu pertama.

Ini berbeda jauh dengan peluncuran ETF berbasis futures Bitcoin pada Oktober 2021, yang berhasil menarik $1 miliar dalam jangka waktu yang sama. Analis berpendapat bahwa ini mungkin disebabkan oleh kurangnya selera investor untuk aset digital saat ini.

Meskipun demikian, Solana mencatatkan aliran masuk mingguan terbesarnya sejak Maret 2022, dengan $23,9 juta. Ini menunjukkan bahwa Solana terus memantapkan dirinya sebagai “altcoin pilihan”, dengan nilai total yang terkunci di industri DeFi mencapai rekor tertinggi tahun ini.

Baca Juga: Pengetatan Kuantitatif dan Bitcoin Halving: Dua Fenomena Ekonomi yang Akan Guncang Dunia Crypto!

Solana: Jadi Sorotan Utama di Pasar Crypto

solana jadi sorotan
Sumber: The Block

Solana, crypto terbesar kedelapan berdasarkan kapitalisasi pasar, terus menegaskan dirinya sebagai “altcoin pilihan”. Dalam 30 hari terakhir, cryptocurrency ini naik sekitar 14%, meskipun masih turun sekitar 32% selama setahun terakhir.

Aliran masuk mingguan Solana mencapai level tertinggi sejak Maret 2022, menunjukkan bahwa minat investor terhadap Solana terus meningkat. Dengan pertumbuhan yang signifikan ini, Solana mungkin menjadi pesaing serius bagi Bitcoin dan Ethereum dalam perebutan tahta crypto.

Dengan ledakan investasi crypto yang belum pernah terjadi sebelumnya, pasar tampaknya sedang dalam fase optimisme. Meskipun Bitcoin dan Ethereum tetap menjadi pilihan utama, cryptocurrency seperti Solana mulai menunjukkan potensinya. Hanya waktu yang akan menentukan apakah mereka dapat menantang dominasi dua raksasa crypto ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: