Open Interest (OI) Bitcoin dan Ethereum Menunjukkan Sinyal Bullish Menjelang Tahun 2024!

author:

Open Interest (OI) Bitcoin dan Ethereum Menunjukkan Sinyal Bullish Menjelang Tahun 2024!

Mengawali tahun 2024, pasar crypto menunjukkan sinyal positif dengan Bitcoin dan Ethereum yang menunjukkan peningkatan Open Interest (OI) dan penurunan tingkat pendanaan. Setelah penyerahan opsi tahunan senilai $11 miliar pada hari Jumat, kedua mata uang digital ini diperkirakan akan menutup tahun di bawah level $44.000 dan $2.400.

Namun, analis memprediksi tren kenaikan akan berlanjut setelah tingkat pendanaan menurun secara bertahap.

Open Interest Bitcoin dan Ethereum

Dilansir dari Coingape (30/12/23), Open Interest untuk crypto futures Bitcoin dan Ethereum mengalami penurunan pasca penyerahan opsi pada hari Jumat dan penjualan pasar crypto baru-baru ini. Meskipun demikian, para pedagang tetap optimis terhadap potensi kenaikan lebih lanjut.

Baca juga: Bitcoin vs Ethereum: Duel Raksasa Crypto yang Tak Terduga! Simak Analisanya!

Data terkini menunjukkan bahwa total Open Interest futures Bitcoin di semua bursa lebih dari $18 miliar, dengan OI di CME dan Binance masing-masing sebesar $4,81 miliar dan $4,31 miliar, yang kembali meningkat setelah penurunan baru-baru ini.

Sementara itu, total Open Interest futures Ethereum adalah $3,36 juta. OI Ethereum di tiga bursa crypto futures teratas yaitu Binance, Bybit, dan OKX, juga mengalami kenaikan setelah penurunan besar. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada fluktuasi, minat terhadap kontrak berjangka crypto tetap tinggi, yang bisa menjadi indikator positif bagi pasar.

Tingkat Pendanaan dan Sentimen Pasar

Seorang influencer crypto bernama Kamikaz menyatakan bahwa Open Interest untuk Bitcoin dan Ethereum telah terhapus setelah penyerahan opsi, namun tingkat pendanaan masih tinggi karena para pedagang enggan untuk melakukan short selling. Hal ini dikarenakan adanya sentimen positif terkait persetujuan ETF Bitcoin spot.

Kamikaz menilai kondisi ini sangat bullish dan menyarankan untuk melakukan long. Analis populer CredibleCrypto menyetujui pandangan Kamikaz bahwa pasar memang sedang bullish. Ia menjelaskan bahwa tingkat pendanaan yang tinggi tidak selalu menunjukkan adanya partisipan yang terlalu banyak menggunakan leverage.

open interest bitcoin
Sumber: Coingape

Faktanya, Open Interest telah terhapus di level yang tidak terlihat dalam beberapa tahun terakhir. Tingkat pendanaan yang relatif tinggi hanya menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan leverage cenderung melakukan long.

Baca juga: Vitalik Buterin Serukan untuk Kembali ke Nilai-nilai Cypherpunk!

Prospek Pasar Crypto di Masa Depan

Meskipun Bitcoin dan Ethereum mengalami kenaikan harga yang signifikan tahun ini, dengan Bitcoin naik 170% dan Ethereum melonjak 105%, kenaikan tersebut terhenti di akhir tahun karena tingkat pendanaan yang tinggi.

Namun, dengan tingkat pendanaan yang mulai menurun dari rekor tertinggi, grafik tingkat pendanaan yang disesuaikan dengan Open Interest Bitcoin menunjukkan kemungkinan adanya pergerakan naik dalam beberapa hari ke depan.

Para ahli percaya bahwa setelah periode penyesuaian ini, pasar crypto akan kembali mengalami tren positif. Ini memberikan harapan bagi para investor dan pedagang bahwa tahun 2024 bisa menjadi tahun yang menguntungkan bagi pasar crypto, khususnya bagi Bitcoin dan Ethereum.

Dengan data dan analisis terkini, pasar crypto menunjukkan tanda-tanda awal yang menggembirakan untuk tahun 2024. Bitcoin dan Ethereum, sebagai dua mata uang digital utama, memiliki potensi untuk terus meningkat setelah periode koreksi. Ini adalah waktu yang menarik bagi para investor untuk mengamati dan mungkin memanfaatkan peluang yang ada di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: