Bitcoin dan Ethereum Siap Melonjak? Pola 2018-2022 Terulang!

author:

Bitcoin dan Ethereum Siap Melonjak? Pola 2018-2022 Terulang!

Apakah kamu siap untuk gelombang besar selanjutnya di pasar crypto? Riset terbaru dari Coinbase menunjukkan bahwa Bitcoin dan Ethereum mungkin sedang bersiap untuk mengulangi kenaikan dramatis yang terjadi antara tahun 2018 hingga 2022.

Dengan pola yang serupa terdeteksi, peluang untuk melihat lonjakan harga yang signifikan tampaknya semakin nyata.

Analisis Siklus Pasar

Coinbase, dalam kolaborasi dengan Glassnode, telah mengidentifikasi kesamaan antara siklus pasar saat ini dengan periode 2018-2022. Mereka menggunakan metrik seperti keuntungan/kerugian yang belum direalisasi dan pasokan dalam keuntungan untuk menilai kondisi pasar.

Baca juga: Kabar Crypto Hari Ini: SEC Resmi Setujui ETF Bitcoin Spot Pertama!

performa harga bitcoin
Performa harga Bitcoin sejak siklus rendah – Sumber: Penelitian Coinbase

Analisis ini menunjukkan bahwa pasar crypto saat ini belum mencapai kondisi euforia seperti pada puncak tahun 2023, yang berarti masih ada ruang untuk pertumbuhan. Menjelang pemotongan hadiah blok Bitcoin yang akan datang pada April 2024, ekspektasi pasar mulai meningkat.

Meskipun demikian, Coinbase tetap berhati-hati dan menyatakan bahwa hubungan antara pemotongan hadiah blok dengan kenaikan harga masih bersifat spekulatif. Namun, sejarah telah menunjukkan bahwa halving sering kali menjadi katalis untuk tren kenaikan harga.

Upgrade Ethereum dan Dampaknya

ethereum classic

Ethereum tidak ketinggalan dalam potensi kenaikan harga, dengan upgrade Cancun yang dijadwalkan akan meningkatkan skalabilitas dan keamanan. Upgrade ini diharapkan dapat membuat transaksi layer-2 menjadi lebih hemat biaya, yang berpotensi meningkatkan jumlah transaksi yang diproses di jaringan Ethereum. Ini bisa menjadi faktor pendorong lain bagi harga ETH untuk naik.

Coinbase menekankan bahwa Ethereum dan Bitcoin telah melalui dua siklus pasar, yang mencakup pasar bull dan bear. Siklus saat ini, yang dimulai pada tahun 2022, tampaknya mengikuti pola yang sama dengan siklus sebelumnya.

Hal ini memberikan indikasi bahwa kita mungkin akan menyaksikan kenaikan harga yang serupa dengan yang terjadi di masa lalu.

Baca juga: Transformasi Ethereum 2024: 6 Peningkatan yang akan Mengubah Dunia Crypto!

Potensi Kenaikan Harga

Jika Bitcoin dan Ethereum mengikuti tren siklus 2018-2022, kita bisa melihat kenaikan harga yang signifikan. Untuk Bitcoin, ini bisa berarti harga mencapai setidaknya 3x lebih tinggi dari rekor tertinggi sebelumnya, yang berarti nilai Bitcoin bisa mencapai sekitar $200.000.

Ethereum juga tidak kalah, dengan potensi harga di atas $15.000 jika mengikuti tren yang sama. Namun, perlu diingat bahwa pasar crypto sering kali tidak dapat diprediksi dan bisa menyimpang dari ekspektasi.

Dengan kehadiran investor institusional yang semakin meningkat, pasar crypto mungkin akan mengalami injeksi likuiditas yang bisa mendorong harga lebih tinggi dari perkiraan. Ini adalah waktu yang menarik bagi para pengamat dan pelaku pasar crypto.

Pada akhirnya, dengan pola yang terlihat mirip dengan siklus 2018-2022, pasar crypto saat ini menunjukkan tanda-tanda awal dari potensi lonjakan harga yang besar. Meskipun masih ada ketidakpastian, analisis dari Coinbase memberikan harapan bagi para investor yang telah menantikan gelombang selanjutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: