Kembali Mendominasi Pasar, Harga Bitcoin dan Ethereum Melonjak di Masa Pemilu!

author:

Kembali Mendominasi Pasar, Harga Bitcoin dan Ethereum Melonjak di Masa Pemilu!

Dalam sebuah peristiwa yang mengejutkan pasar crypto, harga Bitcoin baru-baru ini melesat melewati angka $51.000, sementara Ethereum juga tidak mau ketinggalan dengan melampaui $2.700.

Kenaikan ini menandai momen penting bagi kedua mata uang digital tersebut, mengingatkan kita pada hari-hari kejayaan mereka di tahun 2021.

Apa yang mendorong lonjakan mendadak ini, dan apa dampaknya bagi pasar crypto secara keseluruhan?

Kembali ke Klub Triliunan

Bitcoin, sang pemimpin pasar crypto, sekali lagi berhasil menembus kapitalisasi pasar $1 triliun setelah harganya melonjak di atas $51.000. Ini adalah pertama kalinya sejak Desember 2021 bahwa Bitcoin kembali mencapai tonggak sejarah ini, menunjukkan kembali dominasinya di pasar.

Baca juga: Bitcoin Melonjak 6% Sentuh Rp824 Juta, Kenapa Harga BTC Naik Hari Ini? (15/2/24)

Kenaikan ini didorong oleh sentimen investor yang positif, yang dipicu oleh pasar bull yang berkelanjutan dan persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat, di antara faktor lainnya.

Investasi Bitcoin pada tingkat individu dan institusional telah membantu apresiasi harga Bitcoin yang berkelanjutan baru-baru ini.

Dengan pasokan Bitcoin yang beredar mencapai 19.627.443 BTC, atau 93,46% dari total pasokannya yang dibatasi keras pada 21 juta, Bitcoin sekali lagi membuktikan posisinya sebagai aset digital utama.

Ethereum Mengikuti Jejak Bitcoin

Ethereum, di sisi lain, juga menunjukkan kinerja yang mengesankan dengan melampaui $2.700, menunjukkan ketahanannya yang belum pernah terlihat sejak Mei 2022, menurut laporan Coingape (14/2/24).

Lonjakan harga Ethereum ini terjadi meskipun ada kondisi pasar yang tidak pasti, memicu optimisme serta spekulasi di pasar.

Beberapa faktor yang mungkin telah memicu optimisme baru-baru ini di antara peserta pasar termasuk aliran masuk yang signifikan ke dalam ETF Bitcoin spot dan antisipasi persetujuan ETF yang terkait dengan harga spot Ethereum.

Dengan SEC AS diharapkan membuat keputusan akhir tentang ETF Ethereum pada Mei, investor dengan sabar menunggu hasil yang positif, yang dapat lebih mendorong harga Ethereum.

Baca juga: Pandora ERC-404: Token Baru dengan Volume Perdagangan $190 Juta dalam Seminggu!

Faktor Pendorong Kenaikan dan Dampaknya

Kenaikan harga Bitcoin dan Ethereum didukung oleh beberapa faktor kunci. Salah satunya adalah inflow yang signifikan ke dalam ETF Bitcoin spot, dengan inflow pada 13 Februari saja mencapai $631 juta, inflow satu hari terbesar sejak peluncuran mereka bulan lalu.

Selain itu, antisipasi halving Bitcoin yang akan datang pada April, yang secara historis telah memicu reli harga signifikan, juga berperan dalam meningkatkan minat investor.

Ethereum juga mendapatkan dorongan dari upgrade Dencun yang akan datang pada 13 Maret, yang telah menyuntikkan optimisme ke pasar. Mirip dengan reli yang terjadi setelah upgrade signifikan sebelumnya, analis mengantisipasi lonjakan nilai Ethereum yang mencolok.

Dengan faktor-faktor ini mendorong sentimen bullish saat ini, investor tetap berhati-hati optimis tentang lintasan masa depan harga Bitcoin dan Ethereum.

Kedua raksasa crypto ini telah menunjukkan ketahanan dan relevansi mereka yang berkembang dalam lanskap keuangan global, menandai bab baru dalam dominasi mereka di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Generated by AI