Bitcoin dan Ethereum: Kisah Dua Raksasa Crypto

Bitcoin dan Ethereum: Kisah Dua Raksasa Crypto

Dunia crypto telah mengalami perjalanan panjang sejak awal kelahirannya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi periode penting dari tahun 2013 hingga 2015, di mana Bitcoin (BTC) mulai mendapatkan adopsi crypto arus utama dan Ethereum diperkenalkan.

Periode ini juga ditandai dengan munculnya tantangan signifikan, seperti jatuhnya Mt. Gox, yang menggarisbawahi risiko dan volatilitas pasar crypto yang sedang berkembang.

Bitcoin Terus Berkembang

Bitcoin Terus Berkembang
CoinMarketCap

Setelah halving Bitcoin pertama pada tahun 2012, BTC mencapai tonggak penting beberapa bulan kemudian. Pada tanggal 28 Maret 2013, harga Bitcoin naik, mulai diperdagangkan sekitar $92. Kenaikan harga ini menyebabkan kapitalisasi pasarnya mencapai angka $1 miliar untuk pertama kalinya, menandai momen penting dalam sejarah mata uang crypto tersebut.

Baca Juga: 3 Crypto Terjangkau yang Layak Dibeli di April 2024: DOGE, TRON, SHIB

Dalam sebuah peristiwa yang memicu perhatian luas, Bitcoin mencapai tonggak sejarah baru dengan mencapai titik tertinggi sepanjang masa baru di $190 pada tanggal 10 April 2013, selama krisis perbankan Siprus.

Krisis ini menyoroti potensi manfaat mata uang terdesentralisasi, membuat banyak orang memandang Bitcoin sebagai alternatif yang layak untuk kerentanan sistem keuangan tradisional.

Raksasa Lama Tumbang, Bursa Baru Mulai Bangkit

kreditur mt. gox
Sumber: Coinmarketcap

Selama periode kritis ini, Mt. Gox, bursa crypto terbesar saat itu, menghadapi tantangan signifikan. Pada tanggal 20 Juni 2013, bursa tersebut mengumumkan penghentian sementara penarikan dolar AS, memicu dua minggu ketidakpastian.

Meskipun penarikan akhirnya dilanjutkan, bursa tersebut mengalami kesulitan dalam memprosesnya secara efisien, menggarisbawahi rintangan operasional yang dihadapinya. Dalam perkembangan signifikan dalam komunitas mata uang crypto, Mt. Gox mengumumkan penangguhan penarikan dolar AS, diikuti dengan penghentian penarikan Bitcoin pada tanggal 7 Februari 2014.

Kedatangan Ethereum

vitalik buterin nft ethereum
Sumber: VOI

Pada tahun 2013, Vitalik Buterin memperkenalkan jaringan Ethereum melalui white paper, memposisikannya sebagai platform serbaguna untuk mengembangkan DApps. Buterin menguraikan bagaimana teknologi blockchain dapat melayani tujuan di luar sekadar transaksi moneter.

Pada bulan Januari 2014, salah satu pendiri Ethereum, Gavin Wood, Charles Hoskinson, dan Anthony Di Iorio meluncurkan Ethereum di Konferensi Bitcoin Amerika Utara di Miami bersama Buterin.

Penutup

Periode 2013 hingga 2015 merupakan masa yang penting dalam sejarah crypto, ditandai dengan pertumbuhan Bitcoin, jatuhnya Mt. Gox, dan munculnya Ethereum. Peristiwa-peristiwa ini membentuk lintasan gerakan mata uang crypto, meletakkan dasar untuk inovasi dan tantangan masa depan.

Baca Juga: Bitcoin: Akankah Sejarah Bitcoin Hallving Sebelumnya Kembali Terulang? Ini Prediksinya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi