Proses Peluncuran Bitcoin ETF, Ada Kemungkinan Tertunda Hingga 1 Bulan? Ini Detailnya!

Proses Peluncuran Bitcoin ETF, Ada Kemungkinan Tertunda Hingga 1 Bulan? Ini Detailnya!

Pasar crypto sedang menunggu dengan penuh harapan. Dengan jendela pertama untuk persetujuan Bitcoin ETF (Exchange-Traded Fund) oleh SEC (Securities and Exchange Commission) AS telah dibuka, analis memperkirakan bahwa meski mendapat persetujuan, peluncuran Bitcoin ETF mungkin akan tertunda hingga satu bulan setelahnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Proses Persetujuan dan Peluncuran Bitcoin ETF

proses persetujuan bitcoin etf
Sumber: Akun X James Seyffart

Sebanyak 12 manajer aset telah mengajukan permohonan untuk Bitcoin ETF. Namun, proses persetujuan dan peluncuran Bitcoin ETF bukanlah hal yang sederhana. Untuk memulai Bitcoin ETF, penerbit harus mendapatkan persetujuan dari divisi Perdagangan dan Pasar SEC pada pengajuan 19b-4 dan divisi Keuangan Korporat pada pengajuan S-1 atau prospektus.

Fokus utama divisi Keuangan Korporat adalah detail operasi dana dan pengungkapan risiko. Hingga saat ini, dari 12 aplikasi Bitcoin ETF, sembilan penerbit telah mengajukan prospektus yang direvisi, menunjukkan bahwa mereka telah berkomunikasi dengan Keuangan Korporat.

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin, ETF Bitcoin Spot BlackRock Berpotensi Dorong BTC hingga Rp887 Juta!

Optimisme Pasar dan Dampaknya terhadap Harga Bitcoin

Meski ada potensi penundaan, pasar tetap optimis. Dinamika pasar Bitcoin terus berubah, dengan tren terbaru menunjukkan peningkatan nilai yang menjanjikan.

Sentimen bullish kuat terlihat dari skew call-put satu bulan, sebuah indikator yang digunakan oleh trader opsi, yang menunjukkan permintaan untuk opsi call atau taruhan bullish saat ini melebihi permintaan untuk puts, yang menawarkan perlindungan downside.

Harga Bitcoin hampir mencapai $37.000, sebagian besar disebabkan oleh optimisme yang berkembang seputar persetujuan Bitcoin ETF oleh SEC.

Baca Juga: JPMorgan Memperkirakan ETF Bitcoin akan Disetujui pada Akhir Tahun 2023!

Volatilitas Harga Bitcoin dan Peluang di Masa Depan

Namun, jalan harga Bitcoin tidak bebas dari volatilitas. Ada kekhawatiran tentang tingkat minat terbuka yang tinggi di pasar, yang telah mencapai puncak enam bulan. Hal ini bisa menyebabkan fluktuasi harga saat pasar menginterpretasikan kontrak terbuka ini dan dampak potensial mereka terhadap nilai Bitcoin di masa depan

Meski demikian, tanda-tanda menguntungkan bagi Bitcoin, dengan kemungkinan persetujuan SEC untuk Bitcoin ETF yang memperkuat kepercayaan pasar.

Meski ada beberapa tantangan dan ketidakpastian, pasar crypto tetap optimis. Dengan peluang persetujuan Bitcoin ETF yang tinggi dan sentimen bullish yang kuat, banyak yang percaya bahwa harga Bitcoin akan terus naik, mungkin mencapai $40.000 atau Rp620 juta (kurs $1 = Rp15.600) dalam waktu dekat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: