Bitcoin ETF: Investasi Menggiurkan di Tengah Naiknya Harga Bitcoin!

Bitcoin ETF: Investasi Menggiurkan di Tengah Naiknya Harga Bitcoin!

Bitcoin ETF (Exchange-Traded Fund) di Amerika Serikat kembali mencatatkan aliran dana masuk bersih sebesar $477 juta pada hari Kamis, melanjutkan pertumbuhan yang luar biasa meskipun terjadi peningkatan arus keluar dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin ETF: Aliran Dana Masuk Terus Berlanjut

bitcoin etf flow
Sumber: Akun X BitMEX Research

Sekitar $330 juta mengalir ke BlackRock iShares Bitcoin Trust (IBIT), salah satu kinerja harian terbaik untuk dana tersebut sejauh ini. Bitwise Bitcoin ETF (BITB), ETF terbesar keempat dari sembilan ETF yang baru diluncurkan, mengalami hari terbaiknya selain hari peluncuran, menyerap dana sebesar $120,2 juta.

Berbeda dengan BlackRock dan Bitwise, Grayscale telah mengalami kerugian terus-menerus sejak beralih menjadi Bitcoin ETF pada tanggal 11 Januari. Biaya yang relatif tinggi dari perusahaan mendorong investor untuk mencari opsi investasi BTC yang lebih murah. Selain itu, investor jangka panjang telah mengambil kesempatan untuk menguangkan dana tersebut sejak diskon sahamnya dikembalikan ke paritas setelah konversi, termasuk FTX dengan simpanan GBTC senilai $900 juta.

Baca Juga: Top 5 Solana Ecosystem Token di 2024

Ketidaksesuaian Pasokan dan Permintaan BTC

Awal minggu ini, perusahaan lain yang bangkrut disetujui untuk menjual saham GBTC senilai $1,3 miliar: Genesis – perusahaan perdagangan yang berbagi DCG sebagai perusahaan induk dengan Grayscale.

Beberapa pengamat menduga persetujuan tersebut adalah penyebab meningkatnya arus keluar GBTC dalam beberapa hari terakhir, yang mungkin menghentikan momentum harga Bitcoin di $52.000. Arus keluar meningkat dari $72 juta pada hari Rabu menjadi $132 juta pada hari Kamis, dan kembali naik menjadi $174 juta pada hari Kamis.

Mengingat permintaan Bitcoin ETF yang berkelanjutan, beberapa analis – termasuk Bitwise CIO Matt Hougan – telah mencatat bahwa Bitcoin saat ini berada di bawah “ketidaksesuaian pasokan/permintaan” yang besar antara jumlah BTC yang diproduksi sejak ETF diluncurkan versus jumlah yang diserap oleh ETF setiap hari.

Baca Juga: Mining Bitcoin: Tantangan Meningkat, Hadiah Berkurang, Apa yang Terjadi?

BlackRock ETF: Kinerja Terbaik di Antara ETF Bitcoin

Secara keseluruhan, rangkaian dana baru yang didukung bitcoin (tidak termasuk Grayscale Bitcoin Trust) telah menarik aliran masuk modal sebesar $11,4 miliar dalam lima minggu terakhir. Para penerbitnya, sejumlah 10 yang dipimpin oleh BlackRock, Fidelity, Ark, 21Shares, dan Bitwise, kemudian menggunakan uang tunai tersebut untuk membeli bitcoin atas nama pemegang saham ETF.

Mereka melakukannya melalui bursa kripto, sebagian besar Coinbase dan Coinbase Pro, tetapi mereka juga menggunakan perusahaan perdagangan prop seperti Flow Traders yang didirikan di Belanda. Dana BlackRock, IBIT, adalah yang terdepan dalam hal dolar aktual. Itu sebagian besar karena IBIT memiliki aset kelolaan (AUM) terbanyak – 115.991 BTC ($6,04 miliar) dari arus masuk $5,17 miliar, apresiasi lebih dari $870 juta, atau 17%, pada harga saat ini.

Kesimpulan

Investor telah membenamkan miliaran dolar ke dalam ETF bitcoin spot sejak diluncurkan bulan lalu – dan sejauh ini, itu membuahkan hasil. Pemegang saham ETF bitcoin sekarang berada di zona hijau.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi