Bitcoin ETF Melonjak Capai $247 Juta, Harga BTC Kembali Dekati $44.000!

author:

Bitcoin ETF Melonjak Capai $247 Juta, Harga BTC Kembali Dekati $44.000!

Mata uang crypto Bitcoin (BTC) kembali menunjukkan pergerakan positif dengan mendekati level $44.000. Hal ini dipicu oleh lonjakan dana masuk ke cryptocurrencyexchange-traded funds (ETFs) yang mencapai $247 juta dalam seminggu terakhir.

Simak lebih lanjut, yuk!

Dana Masuk ke Bitcoin ETF Melonjak

Dilansir dari Crypto News (1/2/24), dana masuk ke Bitcoin ETF mengalami peningkatan signifikan, dengan total $247 juta dalam seminggu terakhir. Hal ini menandai pertama kalinya dalam seminggu terjadi aliran masuk bersih yang besar ke Bitcoin ETF.

Baca juga: Skor Tren Akumulasi Bitcoin (BTC) Mencapai Level Tertinggi dalam 3 Tahun, Sinyal Kuat untuk Pasar!

data bitcoin etf
Arus masuk bersih ETF Bitcoin | Sumber: SoSo Value

ETF Bitcoin milik BlackRock ((IBIT) mencatat rekor aliran masuk bersih harian sebesar $299 juta, yang menyumbang 64% dari total aliran masuk bersih minggu ini. Di sisi lain, Grayscale’s Bitcoin Trust (GBTC) justru mengalami aliran keluar bersih yang cukup besar, yaitu sebesar $220 juta.

Grayscale mentransfer 2.682 BTC, senilai sekitar $114 juta, ke alamat Coinbase Prime Deposit. Selain itu, perusahaan tersebut juga memindahkan 5.281 BTC ke alamat baru, yang diduga sebagai alamat penyimpanan terbaru Grayscale. Transaksi ini mengindikasikan adanya restrukturisasi signifikan dalam strategi pengelolaan aset Grayscale.

Harga Bitcoin (BTC) Kembali Meroket

Lonjakan dana masuk ke Bitcoin ETFs berkontribusi pada kenaikan harga Bitcoin. Cryptocurrency terbesar di dunia ini mencapai titik tertinggi dalam tiga minggu terakhir, mendekati level $44.000.

Meskipun terjadi aliran keluar bersih dari GBTC, para penerbit ETF justru menambah kepemilikan Bitcoin mereka lebih dari 4.200 BTC, senilai sekitar $183 juta. Pergeseran dinamika ini terjadi setelah seminggu aliran harian negatif, di mana hampir 20.000 Bitcoin keluar dari dana tersebut antara 23 Januari dan 26 Januari 2024.

Baca juga: Bitcoin Mengejutkan Trader Profesional dengan Kenaikan 11% dalam 8 Hari! Apa yang Terjadi?

Restrukturisasi Grayscale

Grayscale, perusahaan pengelola aset cryptocurrency terbesar di dunia, melakukan restrukturisasi dalam strategi pengelolaan asetnya. Hal ini terlihat dari adanya transfer 2.682 BTC, senilai sekitar $114 juta, ke alamat Coinbase Prime Deposit.

Selain itu, Grayscale juga memindahkan 5.281 BTC ke alamat baru, yang diduga sebagai alamat penyimpanan terbaru Grayscale. Transaksi ini mengindikasikan adanya perubahan signifikan dalam cara Grayscale mengelola aset cryptocurrency-nya.

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari Grayscale mengenai restrukturisasi ini, namun langkah-langkah yang diambil menunjukkan adanya upaya untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi pengelolaan aset.

Secara keseluruhan, lonjakan dana masuk ke Bitcoin ETF dan kenaikan harga Bitcoin menjadi sinyal positif bagi pasar cryptocurrency. Meskipun masih ada tantangan dan ketidakpastian, namun minat investor terhadap aset digital ini terus meningkat.

Restrukturisasi yang dilakukan oleh Grayscale juga menunjukkan komitmen perusahaan tersebut untuk menyediakan layanan pengelolaan aset cryptocurrency yang aman dan terpercaya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: