Optimisme ETF Mendorong Volume Perdagangan Crypto Naik untuk Pertama Kalinya dalam 3 Bulan!

author:

Optimisme ETF Mendorong Volume Perdagangan Crypto Naik untuk Pertama Kalinya dalam 3 Bulan!

Baru-baru ini, volume trading crypto tercatat mengalami peningkatan pada bulan Juni 2023 untuk pertama kalinya dalam tiga bulan, didorong oleh optimisme seputar pengajuan proposal ETF (Exchange-Traded Fund) Bitcoin spot oleh manajer aset BlackRock dan institusi besar lainnya.

Berdasarkan laporan BeInCrypto (6/7/23), sebuah data baru menunjukkan bahwa volume perdagangan spot di bursa crypto naik 16,4% ke level tertinggi dalam tiga bulan terakhir meskipun Binance dan Coinbase sedang menghadapi tuntutan hukum.

Pengajuan ETF Bitcoin Mendorong Peningkatan Volume Spot Sebesar 16,4%

Menurut laporan, sebagian besar hiruk pikuk spot dapat dikaitkan dengan beberapa perusahaan Wall Street yang mengajukan aplikasi dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) spot Bitcoin ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat dalam beberapa minggu terakhir.

volume trading crypto juni 2023
Volume Spot Naik 16,4% menjadi $575 miliar di bulan Juni 202 – Sumber: CCData

Volume perdagangan spot mencapai $36,3 miliar pada 30 Juni 2023, naik hampir 51% dari level tertinggi bulanan di bulan Mei.

Baca juga: BRC-69: Standar Baru Bitcoin yang Bisa Potong Biaya Inscription hingga 90%!

Di sisi derivatif, volume perdagangan Bitcoin berjangka naik 24% pada bulan Juni 2023 menjadi $48 miliar. Sementara volume derivatif di bursa terpusat juga naik 14% menjadi 2,1 triliun, bursa individu mengalami penurunan pangsa pasar.

Volume Spot vs Derivatif di bulan Juni 2023 – Sumber: CCData

Pangsa perdagangan derivatif secara keseluruhan di bursa terpusat turun menjadi 78,7% di bulan Juni, dengan Binance mencatat penurunan 10% menjadi 56%.

Coinbase Mendominasi Volume Perdagangan Bitcoin di AS

Tampaknya perdagangan derivatif bukan satu-satunya pasar di mana Binance kehilangan pangsa pasar. Saham bursa crypto ini di pasar BTC AS juga turun secara signifikan.

Sumber: CCData

Menut data dari CCCData di atas, Coinbase saat ini menyumbang 61% dari volume perdagangan Bitcoin di antara bursa yang terdaftar di AS. Dan pangsa pasar bursa di Amerika Serikat diperkirakan akan meningkat lebih jauh pada akhir Juli 2023.

Namun, perlu dicatat bahwa bursa yang terdaftar di AS hanya menyumbang 9,49% dari total volume perdagangan Bitcoin, berdasarkan volume perdagangan bulanan di bulan Juni 2023. Sementara itu, Coinbase mewakili 5,83% dari volume perdagangan BTC global.

Baca juga: Lakukan Upaya Kedua, BlackRock Ajukan Kembali Aplikasi ETF Bitcoin ke SEC!

Secara keseluruhan, peningkatan volume perdagangan crypto pada bulan Juni menunjukkan bahwa optimisme seputar ETF Bitcoin spot dapat memiliki dampak signifikan pada pasar.

Meski demikian, volume perdagangan spot tetap berada pada level terendah sepanjang sejarah, menunjukkan bahwa masih ada banyak ruang untuk pertumbuhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: