Bitcoin ETF: Aliran Masuk Terus Meningkat, Harga BTC Meroket

Bitcoin ETF: Aliran Masuk Terus Meningkat, Harga BTC Meroket

Pasar mata uang crypto kembali bergairah dengan melonjaknya harga Bitcoin (BTC) ke level tertinggi dua tahun terakhir, menembus $57.000. Kenaikan harga ini dipicu oleh derasnya aliran masuk dana ke Bitcoin Exchange-Traded Fund (ETF).

ETF Bitcoin Spot Kumpulkan 300.000 BTC

Sembilan ETF Bitcoin spot yang baru diluncurkan sejak 11 Januari 2023 telah mengumpulkan 300.000 BTC atau setara dengan $17 miliar. Total aliran masuk bersih ke ETF ini telah melampaui $6 miliar. Kehadiran ETF Bitcoin spot ini memberikan dampak signifikan terhadap pasar crypto.

Baca Juga: 5 Token LSDFi Terbaik 2024: Pendle, Origin Ether, Tenet, Prisma Governance, Lybra

Bitcoin yang dimiliki oleh sembilan ETF tersebut mewakili hampir 1,5% dari total pasokan Bitcoin yang berjumlah 21 juta BTC. Meningkatnya permintaan dan terbatasnya pasokan mendorong harga BTC melonjak.

Aliran Masuk ETF Bitcoin Spot Terus Meningkat

grayscale
Farside Investors

Pada hari Senin, 26 Februari 2023, ETF Bitcoin spot kembali mencatatkan rekor aliran masuk bersih harian sebesar lebih dari setengah miliar dolar. Total volume perdagangan ETF Bitcoin spot juga mencapai rekor tertinggi, yaitu $2,4 miliar, melampaui rekor sebelumnya sebesar $2,2 miliar yang terjadi pada hari pertama perdagangan, 11 Januari 2023.

BlackRock’s iShares Bitcoin Trust memimpin volume perdagangan dengan $1,29 miliar, diikuti oleh Fidelity’s Wise Origin Bitcoin Fund di posisi kedua dengan $576 juta. Aliran masuk ke ETF Bitcoin spot terus mencapai rekor tertinggi, sementara Grayscale’s Bitcoin Trust (GBTC) mencatat aliran keluar terendah dengan hanya $22 juta, menandai hari ketiga berturut-turut penurunan aliran keluar bersih.

GBTC Catat Aliran Keluar Terendah

GBTC Catat Aliran Keluar Terendah
Farside Investors

GBTC merupakan satu-satunya ETF yang mengalami aliran keluar bersih terus-menerus sejak diluncurkan karena aksi jual besar-besaran saham GBTC oleh FTX dan investor lainnya. Hingga akhir Januari, GBTC telah mengalami penarikan sebesar $5,64 miliar. Namun, aliran keluar berkurang pada bulan Februari, dengan total $2 miliar sejauh ini.

Total $7,6 miliar telah keluar dari ETF GBTC sejak konversi. Berlanjutnya aliran masuk bersih, dengan penurunan aliran keluar GBTC, menunjukkan permintaan pasar yang tinggi terhadap ETF Bitcoin spot. Hal ini dapat menambah permintaan pasar tambahan di tengah berkurangnya pasokan Bitcoin, dengan halving Bitcoin kurang dari dua bulan lagi.

Pasokan Bitcoin Terus Berkurang

Saat ini, total 900 BTC baru ditambahkan ke pasokan harian oleh para penambangan Bitcoin. Namun, ETF Bitcoin spot melihat aliran masuk bersih hampir 8.000-9.000 BTC pada setiap hari perdagangan, semakin mengurangi pasokan karena permintaan terus tumbuh, yang dianggap sebagai skenario bullish untuk harga BTC.

Penutup

Kenaikan harga Bitcoin dan meningkatnya aliran masuk ke ETF Bitcoin spot menjadi indikator positif bagi pasar crypto. Hal ini menunjukkan minat investor yang tinggi terhadap aset digital dan potensi pertumbuhan jangka panjangnya.

Baca Juga: Bitcoin: Peluang dan Risiko Trading di Periode Halving

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi