Pertarungan Grayscale vs SEC: Masa Depan Bitcoin ETF di AS Terungkap!

Pertarungan Grayscale vs SEC: Masa Depan Bitcoin ETF di AS Terungkap!

Keputusan baru-baru ini dari Pengadilan Banding AS untuk D.C. Circuit mengenai Bitcoin ETF telah menarik perhatian dunia keuangan.

Dengan Grayscale berada di garis depan pertarungan melawan SEC, apa yang sebenarnya terjadi di balik layar?

SEC Revaluasi Keputusan Bitcoin ETF

Komisi Sekuritas dan Bursa AS atau Securities and Exchange Commission (SEC) sedang meninjau kembali keputusannya terkait dengan Bitcoin exchange-traded funds (ETF), termasuk keputusan penting mengenai manajer aset digital, Grayscale.

Baca Juga: CIO Valkyrie Steven McClurg: “Kemungkinan Persetujuan Bitcoin ETF Lebih dari 50%”!

Peninjauan kembali ini merupakan respons terhadap perintah pengadilan banding federal yang mengarahkan SEC untuk meninjau penolakan sebelumnya atas permohonan Grayscale untuk mengubah Bitcoin Trust-nya menjadi ETF.

Meskipun ada indikasi positif dari pengadilan, keputusan untuk mengevaluasi kembali aplikasi Grayscale bisa memiliki dampak luas bagi sektor cryptocurrency.

Sorotan atas Keputusan Grayscale

Sebuah direktif dari pengadilan banding federal memerlukan SEC untuk meninjau kembali penolakan awalnya untuk mengubah Bitcoin Trust Grayscale menjadi ETF.

Keputusan pengadilan menekankan bahwa produk yang diusulkan oleh Grayscale tidak memiliki perbedaan material dari produk exchange-traded berbasis Bitcoin futures yang sudah ada di pasar AS.

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa perintah pengadilan hanya memerlukan tinjauan ulang aplikasi, bukan persetujuan otomatis.

Dampak Lebih Luas dari Keputusan Pengadilan

transaksi on chain ethereum
Sumber: Bitcoinist

Keputusan pengadilan dapat mempengaruhi perusahaan lain yang ingin menciptakan Bitcoin ETFs, seperti BlackRock dan Fidelity.

Banyak pendukung crypto percaya bahwa persetujuan Bitcoin ETF akan mengarah pada adopsi institusi yang lebih mainstream.

Baca Juga: Kompetisi Bitcoin ETF Kian Panas! Seperti Apakah Masa Depannya?

Meskipun ada optimisme, masih ada ketidakpastian mengenai bagaimana SEC akan merespons ke depan, terutama dengan kemungkinan argumen alternatif untuk menolak aplikasi ETF lainnya.

Paragraf Penutup

Dengan keputusan pengadilan yang mendukung Grayscale, dunia crypto menunggu dengan penuh antisipasi untuk melihat langkah apa yang akan diambil oleh SEC selanjutnya.

Apapun hasilnya, keputusan ini pasti akan memiliki dampak signifikan pada masa depan Bitcoin ETF di AS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: