Bitcoin Jadi Sorotan Utama dalam Investasi Crypto Ditengah Antusiasme ETF Spot!

Bitcoin Jadi Sorotan Utama dalam Investasi Crypto Ditengah Antusiasme ETF Spot!

Bitcoin sekali lagi menjadi sorotan utama dalam dunia investasi crypto. Dengan semakin meningkatnya antusiasme terkait ETF Spot Bitcoin, investor semakin berminat untuk memperluas eksposur mereka pada cryptocurrency ini. Jadi, apa yang sebenarnya sedang berlangsung? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin dan Antusiasme ETF Spot

bitcoin dan etf spot
Sumber: CoinShares

Investasi dalam produk crypto institusional telah mengalami peningkatan yang menggembirakan selama empat minggu berturut-turut. Berdasarkan laporan terkini dari CoinShares, total investasi pekan lalu mencapai $66 juta, dengan 83,7% atau sekitar $55,3 juta dialokasikan untuk Bitcoin.

Perusahaan Swiss, 21SharesAG, mencatatkan aliran dana masuk terbesar sebesar $45,5 juta, diikuti oleh penyedia sekuritas digital Jerman, ETC Group, dengan aliran dana masuk sebesar $12,2 juta.

Namun, ProShares Bitcoin Strategy ETF yang berbasis di AS justru mencatatkan aliran dana keluar sebesar $10,7 juta, yang membuat total bulanan netto menjadi $20,1 juta dalam aliran dana keluar. Meskipun begitu, pada tahun 2023, produk Bitcoin berbasis futures ini memimpin dalam hal total aliran dana masuk, dengan investasi sebesar $238 juta.

Baca Juga: Sempat Sentuh Rp470 Juta, Kenapa Harga Bitcoin (BTC) Naik Hari Ini?

Solana Memimpin Aliran Dana Altcoin

solana dan altcoin
Sumber: VOI

Di antara altcoin, setelah Bitcoin, Solana terus menjadi pilihan investasi yang disukai oleh investor, dengan mencatat 23,4% dari total aliran dana mingguan sebesar $15,5 juta. Dalam sebulan terakhir, produk berbasis Solana menarik aliran dana sebesar $43 juta, berkontribusi pada total tahun ini sebesar $74 juta.

Hal ini membuat Solana menjadi cryptocurrency pilihan dalam penawaran institusional setelah Bitcoin. Namun, Ethereum adalah satu-satunya altcoin yang mencatatkan aliran dana keluar sebesar $7,4 juta, menambah aliran dana keluar minggu sebelumnya sebesar $7,5 juta. Hal ini disebabkan oleh “kekhawatiran yang berkelanjutan terhadap Ethereum.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: