Bitcoin Diserbu oleh Investor Institusional, Aliran Dana Capai $1 Miliar di 2023!

Bitcoin Diserbu oleh Investor Institusional, Aliran Dana Capai $1 Miliar di 2023!

Tahun 2023 mencatatkan tonggak baru dalam sejarah dunia crypto ketika total aliran dana ke dalam dana investasi tradisional yang berbasis crypto berhasil menembus angka $1 miliar. Bitcoin menjadi aset digital yang paling diminati oleh investor. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Mendominasi Arus Investasi

arus masuk institusional crypto
Arus masuk institusional crypto. Sumber: CoinShares

Seperti yang biasa terjadi, Bitcoin menjadi aset digital paling utama yang diincar oleh investor. Dalam kurun waktu satu minggu, dana sebesar $240 juta mengalir ke dalam dana yang berbasis Bitcoin. Sampai saat ini, dana Bitcoin telah mencatat aliran dana sebesar $1,08 miliar.

Di sisi lain, dana pendek Bitcoin – dana yang nilainya meningkat ketika harga Bitcoin menurun – mencatat aliran keluar sebesar $7 juta, menunjukkan sentimen bullish yang kuat di kalangan investor terhadap crypto ini.

Baca Juga: Investor Crypto Lepas Bitcoin, Mulai Lirik Ethereum dan XRP?

Ethereum dan Altcoin Lainnya Juga Merasakan Aliran Dana

bagan lth bitcoin
Bagan penyimpanan pasokan Bitcoin LTH. Sumber: Glassnode

Meski Bitcoin berada di posisi teratas, dana yang berbasis token asli Ethereum, Ether (ETH), juga mencatat aliran dana yang signifikan minggu lalu, dengan total mencapai $49 juta.

Menurut CoinShares, dua minggu terakhir ini menunjukkan “perubahan sentimen yang signifikan” terhadap ETH, yang mungkin terkait dengan spekulasi bahwa dana ETF spot ETH bisa mendapatkan persetujuan di AS. Di antara dana altcoin lainnya, yang berbasis token SOL Solana mencatat aliran dana sebesar $12,4 juta.

Baca Juga: 49% Investor Jerman Jadikan Aset Digital Sebagai Investasi Jangka Panjang dan Alat Pembayaran!

Optimisme Pasar Terhadap Crypto

Optimisme pasar terhadap crypto terus meningkat seiring dengan harapan akan persetujuan regulasi AS terhadap ETF spot Bitcoin. Bitcoin telah mengalami kenaikan sekitar 37% sejak awal Oktober, membawa kenaikan tahun ini menjadi sekitar 122%.

Volume produk pertukaran dana Bitcoin mencapai 19,5% dari total volume perdagangan Bitcoin di bursa, menunjukkan partisipasi investor ETP yang lebih besar dalam reli ini dibandingkan dengan tahun 2020/2021.

Dengan aliran dana yang terus meningkat ke dalam crypto, tahun 2023 menjadi tahun yang penuh harapan bagi dunia crypto. Dengan Bitcoin mendominasi arus investasi dan altcoin lainnya seperti Ethereum dan Solana juga merasakan aliran dana yang kuat, masa depan crypto tampak semakin cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: