Bitcoin (BTC) di Ambang Bullish atau Bearish? Ini yang Harus Kamu Pantau Minggu Ini!

Bitcoin (BTC) di Ambang Bullish atau Bearish? Ini yang Harus Kamu Pantau Minggu Ini!

Oktober 2023 dimulai dengan gejolak bagi Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan. Meskipun Bitcoin menunjukkan kinerja yang stabil di sekitar $28.000, aset crypto lainnya mengalami tekanan jual. Dengan berbagai faktor makroekonomi dan geopolitik yang mempengaruhi pasar, apa yang bisa kita harapkan untuk minggu ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pengaruh Data Ekonomi Makro AS pada Bitcoin

makro as bitcoin
Sumber: Akun X Skew

Minggu ini akan menjadi krusial bagi investor Bitcoin karena AS akan mengungkapkan data Indeks Harga Konsumen (CPI) dan Indeks Harga Produsen (PPI) untuk bulan September. Selain itu, Federal Reserve akan merilis notulen dari pertemuan September mereka.

Komentar dari Federal Reserve akan menjadi sorotan utama, terutama karena bank sentral AS bersiap untuk kenaikan suku bunga lainnya di tahun 2023. Dengan ketidakpastian ini, investor bergerak dengan hati-hati.

Mike McGlone dari Bloomberg menunjukkan bahwa Bitcoin menunjukkan kecenderungan “risk-off” setelah eskalasi terbaru antara Hamas dan Israel. Dia juga mencatat bahwa lonjakan harga minyak mentah memberikan tekanan likuiditas di pasar.

Baca Juga: Ledakan Investasi Crypto! Bitcoin Mendominasi, Ethereum dan Solana Masih Jadi Sorotan!

Ketegangan Geopolitik dan Dampaknya pada Bitcoin

geopolitik dan dampak pada bitcoin
BTC/USD vs Fed funds futures dengan grafik MA 50, 100 minggu. Sumber: Mike McGlone/X

Konflik yang sedang berlangsung di Israel telah menjadi fokus utama pasar global. Namun, untuk Bitcoin, peristiwa tersebut belum memberikan reaksi berarti, dengan harga tetap stabil di sekitar $28.000.

Memori reaksi Bitcoin terhadap perang di Ukraina pada Februari 2022 masih menjadi perhatian, dengan beberapa analis berhati-hati tentang dampak potensial pada BTC/USD.

Mike McGlone menggambarkan Bitcoin sebagai memiliki kecenderungan “risk-off” di antara para trader, dengan perang dan ketidakstabilan geopolitik lainnya berpotensi mempengaruhi pasar crypto.

Baca Juga: 10 Crypto dengan Supply Paling Sedikit, MATIC Salah Satunya?

    Metrik On-Chain Menunjukkan Sinyal Positif untuk Bitcoin

    Selama akhir pekan lalu, Bitcoin mencatat salah satu hari keluar terbesarnya dalam lebih dari sebulan. Data on-chain menunjukkan bahwa Bitcoin telah menyaksikan pergerakan koin terbesarnya, dengan total lebih dari 10.000 BTC, menjauh dari bursa sejak 7 September.

    Meskipun demikian, Bitcoin, dengan kapitalisasi pasar tertinggi, sedang mencoba untuk menembus ambang harga $28.000 untuk kedua kalinya.

    Di sisi lain, pasar altcoin mengalami tekanan jual dengan Ethereum (ETH), Solana (SOL), dan Cardano (ADA) mengalami koreksi sekitar 3-5% selama minggu lalu.

    Dengan berbagai faktor eksternal yang mempengaruhi pasar kripto, minggu ini diharapkan akan penuh dengan gejolak. Namun, metrik on-chain menunjukkan beberapa sinyal positif untuk Bitcoin.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

      Referensi: