Bitcoin di Masa Depan: Peter Schiff Memperingatkan “Lakukan ini atau Mati”

Bitcoin di Masa Depan: Peter Schiff Memperingatkan “Lakukan ini atau Mati”

Jakarta, Pintu News – Analis emas terkenal, Peter Schiff, kembali menyuarakan pandangan bearish-nya terhadap Bitcoin, menekankan bahwa ini adalah momen eksistensial bagi emas digital. Minggu lalu, Schiff menyoroti posisi Bitcoin, menunjukkan bahwa penurunannya ke dalam apa yang disebutnya “zona bahaya” bisa menjadi titik balik yang menentukan.

Bitcoin Jatuh di Bawah $60.000

Bitcoin memang telah menembus ambang $60.000, level yang telah bertindak sebagai dukungan psikologis dan teknis yang kuat sepanjang kenaikan harga tahun 2024. Kerusakan ini semakin memperkuat sentimen negatif di pasar. Menurut Schiff, jatuh di bawah level kunci ini dapat mengakhiri kenaikan harga yang telah memikat pasar selama setahun terakhir.

Baca Juga: Bitcoin Anjlok di Bawah $60.000, Pasar Crypto Mengalami Bulan Terburuk Sejak Keruntuhan FTX?

Grafik menunjukkan Bitcoin saat ini berada di sekitar $58.540, dengan Exponential Moving Average (EMA) 100 hari dalam jarak dekat. Schiff memperingatkan bahwa penurunan berkelanjutan di bawah moving average ini akan mengkonfirmasi tren bearish, secara efektif “mengakhiri reli” dan berpotensi mengakhiri kenaikan harga di masa mendatang.

Volume Perdagangan Meningkat

Selain itu, peningkatan volume perdagangan yang menyertai penurunan harga menunjukkan tekanan jual yang meningkat. Kenaikan volume ini biasanya merupakan indikator bearish, yang semakin mendukung hipotesis Schiff bahwa pasar sedang berbalik arah. Sentimen di antara para pedagang menjadi semakin hati-hati, dengan banyak yang bersiap untuk penurunan lebih lanjut.

Dari sudut pandang teknis, jika Bitcoin gagal merebut kembali level $60.000, support utama berikutnya berada di $51.965. Ini merupakan penurunan yang signifikan dari tertinggi baru-baru ini, dan tergelincir ke level ini dapat mendorong penjualan lebih lanjut.

Harapan untuk Pemulihan

Di sisi lain, rebound dari level saat ini harus mengatasi resistensi di $60.000 untuk membatalkan skenario bearish. Dorongan yang berhasil di atas ini dapat melihat Bitcoin mencoba mencapai level resistensi yang lebih tinggi mendekati $64.000, memberikan secercah harapan bagi para bull.

Penutup

Peter Schiff memperingatkan bahwa Bitcoin berada di ambang kehancuran jika gagal bertahan di atas level $60.000. Penurunan di bawah level ini dapat mengakhiri kenaikan harga yang telah berlangsung selama setahun terakhir.

Volume perdagangan yang meningkat menyertai penurunan harga menunjukkan tekanan jual yang meningkat, semakin mendukung hipotesis Schiff bahwa pasar sedang berbalik arah.

Baca Juga: Galxe (GAL) Crypto: Mata Uang Digital Baru yang Mengejutkan Dunia Keuangan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi