Ubah ATM Bitcoin Jadi Perangkat Lunak, Ini yang Dilakukan Bitcoin Depot!

Ubah ATM Bitcoin Jadi Perangkat Lunak, Ini yang Dilakukan Bitcoin Depot!

Menurut Cointelegraph, instalasi ATM crypto telah mengalami penurunan selama beberapa bulan terakhir. Sementara beberapa ATM telah dihentikan operasinya, penyedia seperti Bitcoin Depot telah mulai mengonversi Bitcoin fisik mereka menjadi ATM ke perangkat lunak.

Bitcoin Depot merupakan jaringan ATM multi-crypto dengan pertumbuhan tercepat yang bertujuan untuk membawa Bitcoin ke masyarakat luas.

Apa saja yang dilakukan oleh Bitcoin Depot? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Depot Lakukan Konversi 7.000 ATM Crypto, Untuk Apa?

Bitcoin Depot Lakukan Konversi 7.000 ATM Crypto
Sumber: Techno Pixel

Bitcoin Depot baru-baru ini telah mengonversi semua 7.000 ATM dan kios crypto miliknya menjadi penawaran berbasis perangkat lunak yang didukung oleh BitAccess.

Dorongan konversi perangkat lunak dilakukan setelah Bitcoin Depot mengakuisisi ekuitas mayoritas di BitAccess pada November 2022. Beberapa bulan sebelum kesepakatan tersebut, Bitcoin Depot telah mengungkapkan rencana untuk go public pada tahun 2023 melalui kesepakatan senilai $885 juta dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus.

Dengan mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunak Bitcoin Depot secara vertikal, konversi perangkat lunak ATM crypto menghilangkan kebutuhan untuk membayar biaya lisensi perangkat lunak tahunan. Sebelumnya, biaya tersebut mencapai $3 juta dari biaya operasional tahunan.

Baca Juga: Belum Punya Regulasi Crypto, ATM Crypto Sudah Terpasang di Ibukota Negara Ini

Pertumbuhan ATM Crypto Dari Tahun ke Tahun

Dilansir dari Cointelegraph, pada Q1 tahun 2022, BitAcess telah menjadi pemimpin market. Namun, sejak Juli 2022, menurut data dari Coin ATM Radar, perusahaan tersebut telah mengalami penurunan dalam total pemasangan ATM.

Pertumbuhan ATM Crypto Dari Tahun ke Tahun
Pertumbuhan ATM crypto oleh produsen. Sumber: Coin ATM Radar

Seperti yang ditunjukkan pada grafik di atas, BitAccess saat ini turun ke posisi ketiga setelah Genesis Bytes dan Genesis Coin, yang keduanya telah meningkatkan pangsa pasar mereka dalam waktu yang sama.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Australia Punya ATM Bitcoin yang Terintegrasi Lightning Network!

“Dengan menukar hard drive yang ada dengan hard drive yang sudah dimuat dengan perangkat lunak Bitaccess, kami dengan cepat menyelesaikan konversi perangkat lunak sambil menghindari masalah teknis tertentu yang dapat terjadi dalam proyek konversi di lapangan,” ujar wakil presiden operasi BTM Bitcoin Depot, Jason Sacco, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (1/3/2023).

Sacco juga mengungkapkan bahwa 6.000 ATM Bitcoin pertama Bitcoin Depot telah dikonversi perangkat lunaknya dalam waktu 10 minggu. Ia mengatakan bahwa peningkatan ATM crypto berbanding lurus dengan jumlah eksposur crypto untuk masyarakat umum.

Referensi: