Bitcoin dan Revolusi NFT: Bagaimana BTC Mengubah Lanskap Koleksi Digital!

Bitcoin dan Revolusi NFT: Bagaimana BTC Mengubah Lanskap Koleksi Digital!

Bitcoin, cryptocurrency paling populer di dunia, kini memasuki dunia NFT dengan cara yang revolusioner. Melalui inovasi bernama Ordinals, Bitcoin tidak hanya memperkaya ekosistem NFT tetapi juga menetapkan standar baru dalam koleksi digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Ordinals: Inovasi Bitcoin di Dunia NFT

inovasi bitcoin ordinal
Sumber: NFT News Today

Dilansir dari NFT News Today, Ordinals adalah protokol yang memungkinkan data disematkan langsung ke blockchain Bitcoin. Dengan Ordinals, satoshi (unit terkecil dari Bitcoin) dapat diinscripsi dengan data berbagai jenis, mulai dari gambar hingga video, menciptakan apa yang dikenal sebagai Bitcoin NFT.

Dalam 200 hari pertama sejak peluncuran Ordinals, telah dibuat 1,14 juta inskripsi berbasis gambar di jaringan Bitcoin. Angka ini bahkan melampaui total NFT yang dicetak di jaringan blockchain besar lainnya seperti Ethereum, Solana, dan Polygon selama periode 200 hari awal mereka.

Salah satu alasan utama di balik penciptaan Ordinals adalah untuk memungkinkan Bitcoin berinteraksi dengan ekosistem DeFi yang ada di berbagai blockchain.

Baca Juga: Tim Ordinals Bentuk “Open Ordinals Institute” Demi Pengembangan NFT Bitcoin!

Dinamika Pasar dan Volume Perdagangan NFT

Dari 1 Januari hingga 1 September, volume perdagangan keseluruhan untuk Ordinals di Bitcoin mencapai $596,4 juta, menjadikannya jaringan ketiga terpopuler untuk perdagangan NFT berdasarkan volume, di belakang Ethereum dan Solana.

Meskipun demikian, volume perdagangan NFT keseluruhan di semua rantai telah menunjukkan penurunan. Menurut data dari Cryptoslam, penjualan NFT turun 8,7%, dari $4,2 miliar pada September 2021 menjadi $3,8 miliar pada Oktober 2023.

Sebelum pasar NFT besar mendukung Ordinals, beberapa platform awal seperti Ordinals Market dan Ordswap mendominasi pada awal 2023. Namun, dominasi ini bergeser ketika Magic Eden mulai mendukung Ordinals pada Maret 2023.

Baca Juga: Pendirinya Mundur, Inskripsi Bitcoin Ordinals Melampaui 10 Juta!

    Inovasi dan Potensi Masa Depan Ordinals

    Laporan menyoroti fitur-fitur baru dari Ordinals, seperti inskripsi rekursif, reinskripsi, dan asal-usul induk-anak. Teknik rekursif memungkinkan pengguna untuk mengambil data dari inskripsi yang ada di jaringan Bitcoin dan menggunakan data tersebut untuk menciptakan inskripsi baru yang unik.

    Meskipun beberapa kritikus berpendapat bahwa NFT adalah artefak digital yang ‘tidak bernilai’, laporan ini menekankan pentingnya teknologi blockchain, yang diperlihatkan oleh Bitcoin, dalam mendorong aset digital dan koleksi ke depan.

    Dengan Inscriptions dan Ordinals baru di tahun pertamanya, ada potensi besar untuk pertumbuhan dan pengembangan lebih lanjut, termasuk kemungkinan adopsi Bitcoin tambahan.

    Bitcoin, melalui inovasi Ordinals, telah membuktikan bahwa potensinya tidak terbatas hanya pada transaksi keuangan. Dengan memasuki dunia NFT, Bitcoin menunjukkan bahwa ia siap untuk memimpin revolusi digital berikutnya, menggabungkan teknologi blockchain dengan seni dan koleksi.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

      Referensi: