Bitcoin dan L2 Akan Mendominasi 2024, Prediksi Coinbase

Bitcoin dan L2 Akan Mendominasi 2024, Prediksi Coinbase

Coinbase baru saja merilis pandangan pasar crypto untuk tahun 2024, dan kabar baiknya adalah musim panas di industri crypto diprediksi akan tiba lebih cepat dari yang diperkirakan. Laporan yang terdiri dari 83 halaman ini menandai pemulihan harga crypto yang stabil setelah pasar bearish pada tahun 2022.

Bitcoin Kembali Berjaya

David Duong, kepala penelitian institusional Coinbase, menuliskan bahwa kapitalisasi pasar crypto telah mengalami peningkatan dua kali lipat di tahun 2023. Bitcoin, sebagai mata uang crypto terdepan, telah mencapai dominasi pasar lebih dari 50%, sebuah angka yang belum terlihat sejak April 2021.

Kenaikan ini didorong oleh krisis perbankan regional di AS dan meningkatnya konflik geopolitik. Bitcoin telah mengalami kenaikan sebesar 153% tahun ini, dengan institusi-institusi yang berbondong-bondong mengajukan aplikasi kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk ETF Bitcoin spot mereka sendiri.

Baca Juga: Kejutan di Dunia Crypto: Blackrock Pilih Model Tunai untuk ETF Bitcoin!

Duong memprediksi bahwa aliran institusional akan tetap berfokus pada Bitcoin setidaknya hingga paruh pertama tahun 2024.

Infrastruktur Blockchain dan Dominasi L2

tvl ethereum layer-2

Coinbase menggambarkan tahun 2024 sebagai tahun di mana proyek-proyek blockchain yang berkembang selama pasar bearish akan mulai membuahkan hasil.

Infrastruktur blockchain telah mengalami perkembangan pesat dalam dua tahun terakhir, dengan prediksi bahwa perkembangan tersebut akan memungkinkan onboarding yang lebih mudah dan skalabilitas yang lebih baik.

Lapisan dua (L2) yang dibangun di atas Ethereum telah mendominasi pasar sepanjang tahun 2023, dengan jumlah token Ether yang di-stake pada L2 mencapai angka tertinggi sepanjang masa.

Coinbase menekankan bahwa protokol L2 telah menciptakan lebih banyak ruang pada jaringan Ethereum untuk pengembang membangun aplikasi, yang berarti dominasi Ethereum di dunia crypto akan semakin kuat.

Pasar Crypto dan Pemain Utama

Laporan tersebut menyatakan bahwa L2 tidak banyak mengalihkan aktivitas dari Ethereum, melainkan lebih banyak mengambil aktivitas dari blockchain L1 alternatif. Ethereum L1 yang bersaing akan harus beralih fokus ke sektor tertentu, seperti gaming dan NFT (misalnya Immutable X, Blast) atau peserta institusional (seperti Kinto dari Avalanche) untuk tetap relevan di tahun 2024.

Paragraf Penutup

Dengan prediksi yang optimis dari Coinbase, tampaknya tahun 2024 akan menjadi tahun yang menarik bagi industri crypto. Kamu yang tertarik dengan pasar crypto mungkin ingin mempertimbangkan untuk memperhatikan perkembangan Bitcoin dan L2 sebagai aset yang potensial untuk investasi masa depan.

Baca Juga: BlackRock dan ARK Merevisi Rencana ETF Bitcoin dengan Model Cash-Only kepada SEC

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi