Bitcoin dan Emas: Duet Investasi Menggiurkan di 2023

Bitcoin dan Emas: Duet Investasi Menggiurkan di 2023

Di tengah ketidakpastian geopolitik dan kenaikan suku bunga, Bitcoin dan emas menunjukkan performa yang mengesankan di tahun 2023. Laporan terbaru dari Fidelity Investment menunjukkan peningkatan korelasi antara kedua aset tersebut, menandai perubahan signifikan dalam tren investasi global. Apakah ini pertanda bahwa Bitcoin menjadi ’emas digital’ baru?

Korelasi Bitcoin-Emas Meningkat

Fidelity mencatat bahwa Bitcoin telah memutus hubungannya dengan hubungan terbalik terhadap suku bunga dan malah mengalami kenaikan meskipun suku bunga global meningkat. Emas juga mengikuti pola yang sama, dengan kenaikan harga sebesar 14,6% dalam dolar AS selama tahun tersebut.

Analisis ini menunjukkan bahwa investor mungkin memperhatikan defisit fiskal AS yang meningkat atau mengantisipasi perubahan dalam suku bunga.

Baca Juga: Keputusan Kontroversial SEC Terkait ETF Bitcoin: Apa Dampaknya bagi Kamu?

Menurut Fidelity, pasokan Bitcoin yang semakin ketat, dengan pemegang jangka panjang mencapai rekor tertinggi baru sebesar 70%, juga berkontribusi pada kenaikan harga. Meskipun Bitcoin mengalami kenaikan hingga 156% di tahun 2023, pemegang jangka panjang ini tampaknya tidak tergoda untuk menjual aset mereka demi keuntungan jangka pendek.

Investasi Emas dan Crypto di Tahun 2023

emas eksponensial
Sumber: Bitcoin News

Investasi emas dan crypto menjadi semakin menarik di tahun 2023, terutama karena ketidakpastian yang terjadi di panggung global. Emas, yang secara tradisional dianggap sebagai aset safe haven, mengalami peningkatan permintaan dari bank sentral dan faktor risiko geopolitik.

Sementara itu, Bitcoin, yang sering disebut sebagai ’emas digital’, semakin diminati karena kenaikan nilainya yang signifikan. Peningkatan korelasi antara emas dan Bitcoin menunjukkan pergeseran dalam persepsi investor terhadap crypto sebagai aset investasi.

Fidelity berpendapat bahwa kondisi ini mencerminkan kepercayaan yang tumbuh di antara investor bahwa Bitcoin dapat bertindak sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi, mirip dengan emas.

ETF Bitcoin: Harapan Baru atau Hype Berlebihan?

Persetujuan regulasi untuk ETF Bitcoin di AS telah menjadi peristiwa besar yang menarik perhatian media. Hype seputar ETF Bitcoin spot di AS telah mencapai tingkat meme, dengan harga crypto yang melonjak dan spekulasi yang meningkat. Namun, apakah ini benar-benar akan mengubah adopsi crypto menjadi seperti emas, atau hanya hype sementara?

Persetujuan SEC terhadap ETF Bitcoin dianggap sebagai berkah bagi spekulan, tetapi apa yang terjadi selanjutnya masih menjadi teka-teki. Meskipun ada kegembiraan di kalangan investor, masih harus dilihat apakah ETF Bitcoin akan memiliki dampak jangka panjang yang sama seperti emas atau hanya fenomena sementara yang didorong oleh spekulasi.

Paragraf Penutup

Tahun 2023 menjadi saksi bagaimana Bitcoin dan emas berkolaborasi dalam menarik minat investor global. Dengan korelasi yang meningkat dan performa yang mengesankan, kedua aset ini menawarkan peluang investasi yang tidak hanya menjanjikan keuntungan tetapi juga keamanan di tengah ketidakpastian ekonomi. Apakah kamu siap untuk menyelami dunia investasi yang dinamis ini?

Baca Juga: Bitcoin Menuju $1,5 Juta di 2030, Benarkah?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi